4 Firman Tuhan yang Menyebutkan Tanggung jawab Orang Tua Kristen Terhadap Anak

Parenting / 10 May 2022

Kalangan Sendiri

4 Firman Tuhan yang Menyebutkan Tanggung jawab Orang Tua Kristen Terhadap Anak

Claudia Jessica Official Writer
2145

Kebudayaan yang terus berkembang seiring zaman membuat pertumbuhan anak berbeda dengan zaman sebelumnya. Misalnya seperti, anak zaman sekarang hidup di zaman digital harus mendapatkan bimbingan dalam menggunakan ponsel pintarnya maupun saat menjelajah di dunia maya.

Orangtua tidak hanya bertanggung jawab terhadap kebutuhan jasmani anak, namun mereka juga bertanggung jawab dalam mendidik dan memuridkan anak-anaknya. Berikut ini  adalah beberapa Firman Tuhan yang menyebutkan tentang tanggung jawab orang tua kepada anak:

1. Mengasihi anak

Matius 7: 9-10 “Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti?”

Tidak hanya mencukupi kebutuhan jasmani mereka, orang tua juga harus terhubung secara emosional. Terdapat tiga kebutuhan utama anak, yaitu terhubung secara fisik dan emosional, diterima dan mendapatkan perhatian dan kepedulian dari orangtua.

 

BACA JUGA: Jadi Teladan Bagi Ibu-ibu, Inilah 9 Sosok Ibu yang Luar Biasa di Alkitab

 

2. Memuridkan anak

Amsal 1: 7 “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.”

Amsal menyebutkan bahwa permulaan dari segala sesuatu adalah takut akan Tuhan. Hal ini adalah tanggung jawab orang tua untuk memuridkan anak mereka yang Tuhan karuniakan.

Di era global saat ini, anak-anak rentan menjadi lebih sekuler karena dipengaruhi oleh pandangan humanisme dan relativitas dunia. Oleh karena itu, orangtua memiliki peran yang besar dalam memuridkan anak di dalam Tuhan sebelum anak dimuridkan oleh dunia.

 

3. Tidak menyakiti anak

Kolose 3: 21 “Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.”

Tidak menyakiti secara fisik, tindakan maupun melalui perkataan adalah kewajiban bagi orangtua. Karena hal ini dapat membuat hati anak menjadi tawar dan tidak dapat merasakan kasih sebenarnya. Yang terburuk, hal ini dapat menyebabkan kepahitan dalam hati anak.

 

4. Mendoakan anak

Tidak ada perintah khusus bagi orangtua untuk mendoakan anak mereka dalam Alkitab. Namun, sejumlah tokoh Alkitab tercatat bahwa mereka berdoa bagi anak-anak mereka.

Sudahkah Anda menjadi orang tua yang dikehendaki oleh Tuhan?

 

 

BACA JUGA: 7 Doa yang Dibutuhkan Anak Muda Saat Ini, Parents Doakan Yuk!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami