Yuk Tanggapi Gosip di Tempat Kerja Dengan Cara Bijak Ini

Finance / 5 May 2022

Yuk Tanggapi Gosip di Tempat Kerja Dengan Cara Bijak Ini

Lori Official Writer
353

Lingkungan kerja bisa jadi tempat berkembangnya gosip. Saat rekan kerja mulai bergosip tentang rekan kerja yang lain atau bahkan tanpa sengaja Anda mendengar mereka bergosip tentang Anda, tentu saja hal itu akan merusak produktifitas kerja.

Nah, di tengah situasi semacam inilah kita ditantang untuk bertindak secara bijaksana. Seperti yang dituliskan dalam Mazmur 15: 3, bahwa kita tidak seharusnya menyebarkan fitnah kepada sesama kita, khususnya di tempat kerja.

Jika ternyata kita mendapati bahwa ada rekan kerja yang menyampaikan informasi yang tidak benar tentang kita, ada baiknya menghindari tindakan menyerang balik. 

 

Baca Juga:

Salah Satu Kebiasaan Buruk di Alkitab, Begini 4 Cara Hadapi Teman yang Suka Julid

10 Ayat Alkitab Tentang Gosip yang Perlu Orang Kristen Tahu! 

 

Berikut tindakan yang bisa Anda lakukan seperti yang disampaikan oleh Coach Mia Dharma di Jawaban Marketplace.

1. Klarifikasi empat mata

Jika ternyata Anda mendengar rekan kerja bergosip tentang Anda, cobalah untuk menegur secara empat mata aau mengklarifikasi mengapa ada informasi yang melibatkan nama Anda.

 

2. Jangan ditanggapi

Jika gosip tersebut benar-benar menyerang Anda secara personal dan sangat merugikan, maka tegurlah secara empat mata.

Namun jika ternyata gosip tersebut hanyalah hal yang tidak terlalu penting, akan lebih baik untuk tidak menghiraukannya. Dengan kata lain, tak perlu ditanggapi. 

Supaya kantor tidak menjadi tempat berkembangnya gosip, kita memerlukan hikmat dan kebijaksanaan dari Tuhan untuk meresponi situasi yang terjadi di kantor. Sekalipun kondisinya cukup mengganggu, jangan pernah meresponi dengan emosional. Karena tindakan dan sikap kita menentukan siapa kita di mata orang lain. 

Jadi mari menjadi karyawan yang mampu menguasai diri, tidak menyebarkan fitnah atas orang lain, menolak untuk bergosip dan hanya fokus untuk membangun orang lain.

 

Sumber : Jawaban Marketplace
Halaman :
1

Ikuti Kami