Kapan Seharusnya Anak Mulai Dilatih Toilet Training?

Kapan Seharusnya Anak Mulai Dilatih Toilet Training?

agnes.faith Official Writer
3202

Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda dan unik. Beberapa anak sudah siap dengan toilet training dari kecil. Mungkin baru 18 bulan, anak sudah dapat belajar menggunakan toilet, tetapi ada beberapa anak yang belum siap dan memerlukan waktu yang lebih lama, misalnya setelah ia berumur 3 tahun. Bila anak sudah dapat mengganti diaper atau dapat membuka celana sendiri pada saat mereka buang air kecil, belum tentu mereka siap untuk belajar dengan toilet training. Seorang anak memerlukan perkembangan fisik dan emosional yang baik untuk dapat belajar hal ini.

Beberapa ahli berpendapat bahwa ada usia tertentu dimana seorang anak harus diajarkan toilet training. Usia yang tepat untuk diajarkan hal ini adalah saat berusia 2 tahun. Karena anak mungkin belum siap sebelum usia itu. Jangan memaksa anak bila mereka belum siap. Mungkin akan berdampak bagi hubungan anak dan orangtua dikemudian hari.

 

Baca Juga: Waktunya Ajari Anak Toilet Training

 

Bila Anda melihat anak Anda sudah siap untuk dilatih, maka latihlah. Sekali lagi setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Jangan menganggap setiap anak sama. Sebagai orangtua jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan anak lain yang mungkin sudah terlatih dengan baik sebelum usia 2 tahun.

Anak harus menunjukkan kemampuan fisik mendasar untuk dapat memulai toilet training ini:

1. Anak sudah dapat membantu untuk membuka celana mereka bila ingin buang air kecil.
2. Anak sudah mampu membuka diapernya sendiri walaupun mereka sudah ingin buang air kecil.
3. Sesuai dengan ukuran pispotnya, anak sudah dapat menggunakannya dengan baik (dengan posisi yang benar)
4. Orangtua dapat membantu anak dengan dudukan toilet atau penjejak kaki.
 
 
Baca Juga: Toilet Training
 
 
Jadi usia 2 tahun adalah usia yang sangat tepat bagi Anda untuk mengajarkan anak untuk melatih dirinya untuk mandiri melakukan kebiasaan seperti kencing dan BAB di tempat yang seharusnya. Proses untuk mendorong anak untuk melakukan hal yang benar tentu saja tidak gampang. Setiap hari Anda harus melakukannya hingga anak bisa, dan saat hal itu terjadi Anda pasti akan mengalami kebahagiaan yang tak terungkapkan.
Sumber : greatdad.com
Halaman :
1

Ikuti Kami