Hidup di Dalam “Kristus”, Apa Artinya?
Sumber: Adobe Photos

Kata Alkitab / 2 May 2022

Kalangan Sendiri

Hidup di Dalam “Kristus”, Apa Artinya?

Lori Official Writer
10906

Alkitab mengajarkan bahwa kita hidup di dalam Kristus. Jadi bagaimana Anda tahu jika Anda sudah atau belum hidup dalam Kristus? 

Mari identifikasi bagaimana Anda menempatkan Kristus di dalam hidup. 

 

Hanya Sekadar Mengenal Kristus

Pertama, siapapun yang belum mengalami pertobatan dan memiliki iman di dalam Kristus tidak memiliki Kristus di dalam dirinya. 

Seseorang bisa jadi hanya mengenal Kristus atau membaca tentang dia, tetapi dia belum sungguh-sungguh mau hidup di dalam Dia. Seperti disampaikan dalam 1 Yohanes 5: 12, “Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup.”

 

Baca Juga: Hidup Dalam Kristus

 

Tidak Memiliki Kristus

Seseorang bisa saja belum hidup di dalam Kristus karena dia belum memiliki Kristus. Ketika peran Roh Kudus masih belum bekerja di dalam hidup seseorang dan hidupnya tidak mencerminkan keserupaan dengan Kristus, maka dia masih belum memiliki Kristus di dalam dirinya.

Saat kehidupan kita tidak mencerminkan kehadiran Kristus, kita tidak benar-benar berada di dalam Kristus. Jika kita melakukan sesuatu hanya untuk dipuji atau mencari perhatian, kita tidak melakukannya untuk Kristus. 

Kita melakukannya untuk menerima imbalan bagi diri kita sendiri. Orang percaya hanya akan hidup untuk memuliakan Tuhan.

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10: 31)

 

Baca Juga: Dosa Tidak Berkuasa Lagi

 

Saat kita melakukan firman Tuhan, kita telah menerima Kristus di dalam diri kita. Itu artinya Kristus dan firman-Nya tinggal di dalam kita. Itulah arti dari hidup di dalam “Kristus”.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

3. Hidup di Dalam Kristus

Di Roma 6: 11, Rasul Paulus menyampaikan, “…kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.”

Saat kita hidup di dalam Kristus, kehidupan kita yang baru dan meninggalkan kehidupan lama kita yang penuh dosa. 

“Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.” (Roma 8: 10)

Bukan hanya itu, perilak, sifat dan karakter kita diubahkan sepenuhnya. 

“Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.” (2 Korintus 5: 17)

 

Baca Juga: Sedang Bingung Bagaimana Mengetahui Panggilan Hidup di Dalam Kristus? Begini Caranya…

 

Saat kita hidup di dalam Kristus, kita akan selalu menyenangkan hati Tuhan dan orang lain dan kita akan sangat membenci dosa-dosa kita yang lama.

Seseorang yang terus berusaha untuk menyenangkan hati Tuhan akan mendapatkan bagiannya. Inilah yang dijanjikan Tuhan seperti disampaikan dalam Roma 8: 1, “Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus.” Jadi, tidak ada lagi penghukuman atas orang percaya. 

Untuk hidup di dalam Kristus, kita sperlu berada di dalam firman-Nya, dipenuhi dengan Roh Kudus dan melayani bersama orang-orang kudus lainnya seperti yang diperintahkan kepada kita.

“Dan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10: 24-25) 

Hari ini adalah hari terbaik untuk hidup di dalam Kristus. Apakah Anda rindu supaya Tuhan membebaskan Anda dari segala kutuk dan dosa? Terima Dia sebagai pribadi terpenting dalam hidup Anda dan layani Dia melalui hidup Anda.

Jika Anda rindu melayani Tuhan melalui hidup Anda, kami menyambut Anda menjadi mitra kami untuk melayani bangsa ini melalui pemuridan generasi, pelayanan media dan kemanusiaan. 

 

Bergabung Bersama Kami

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami