Ternyata Ini Bahan Mahkota Duri yang Dipakai Oleh Tuhan Yesus dan Maknanya!

Kata Alkitab / 20 April 2022

Ternyata Ini Bahan Mahkota Duri yang Dipakai Oleh Tuhan Yesus dan Maknanya!

Contasia Christie Official Writer
902

Mahkota duri bisa dibilang sebagai benda ikonik dalam penyaliban Yesus. Mahkota ini menandakan kerendahan hati Kristus yang tertinggi, karena Ia rela menukar mahkota surgawinya dengan mahkota penderitaan. Saat itu tentara Romawi memberikan kepala-Nya mahkota duri, dan secara terang-terangan mengejek Yesus sebagai "Raja orang Yahudi" ( Matius 27:29 ).

 

Apa Itu Mahkota Duri?

Ini merupakan perwujudan sempurna dari penggenapan kedatangan Kristus ke dalam dunia. Karena dalam mahkota duri dan salib yang Ia pikul, Yesus menanggung beban dosa dan maut. Ia membayar hukuman atas dosa kita sehingga kita dapat diampuni, didamaikan, dan ditebus, seperti yang dinubuatkan oleh nabi Yesaya (Yesaya 53:5).

Mahkota ini menjadi penobatan palsu oleh tentara Romawi. Mereka mencemooh Yesus sebagai raja orang Yahudi dan memakaikannya mahkota. Sehingga Yesus sendiri mengalami dua cobaan sekaligus, pertama berhubungan dengan kepercayaan (Yahudi), dan kedua tentang politik (Romawi).

Baca juga : Mendalami Makna Kisah Tiga Salib di Bukit Golgota, Ini Pembahasannya!

Orang-orang Farisi dan pemimpin agama membawa Yesus ke hadapan Imam Besar ( Matius 26:57-68 ; Markus 14:53-65 ; Lukas 22:66-71 ; Yohanes 18:12-24 ). Karena mereka tidak menemukan apa pun dalam pengajaran atau pelayanan Yesus untuk memberatkan Dia, orang-orang Farisi menggunakan "kesaksian palsu" dari "saksi palsu" ( Matius 26:59-60 ; Markus 14:55-59 ).https://donasi.jawaban.com/?utm_code=jwb-tasia 

Saat itulah Kayafas, imam besar, bertanya langsung kepada Yesus, “Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?” ( Markus 14:61 ) bahwa Yesus menjawab, “Engkau telah mengatakannya. Akan tetapi, Aku berkata kepadamu, mulai sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasadan datang di atas awan-awan di langit.” ( Matius 26:63-64 ; lihat juga Markus 14:62 ; Lukas 22:67-70 ). Dari sini, Kitab Suci memberitahu kita bahwa “imam besar merobek jubahnya dan berkata, 'Ia telah menghujat!'” Untuk ini, orang-orang Farisi dan pemimpin agama menjawab, “Ia pantas dihukum mati!” ( Matius 26:65-66 ).

Baca selanjutnya ----------------->

Sumber : Christianity.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami