Lakukan 5 Ritual Keluarga Ini, agar Iman Percaya Anak Bisa Berkembang Baik
Sumber: is

Parenting / 12 April 2022

Kalangan Sendiri

Lakukan 5 Ritual Keluarga Ini, agar Iman Percaya Anak Bisa Berkembang Baik

Contasia Christie Official Writer
1145

Melatih anak untuk dekat dengan Tuhan dan mengerti rencana-Nya bisa dimulai ketika mereka sedang bersama dengan keluarganya. Salah satunya dengan ritual keluarga. Parents sendiri biasanya melakukan apa nih bersama anak untuk mengajarkan mereka nilai-nilai Firman Tuhan dalam hidupnya? Kalau momin sendiri, biasanya makan bersama semua anggota keluarga. Lalu setelah selesai, kita membaca firman Tuhan bersama. Kadang juga ada doa bersama.

Apa sih manfaat dari ritual keluarga ini?

1. Ada quality time dengan keluarga.

2. Momen untuk kita bisa mengetahui kabar masing-masing dan apa yang telah anak lalui hari tersebut.

3. Memperkuat bonding antar anggota keluarga.

4. Menciptakan kesenangan bersama.

5. Menumbuhkan rasa saling memiliki satu dengan yang lain.

 

Lalu apa saja sih family ritual alias ritual keluarga yang positif dan membangun iman percaya anak?

1. Makan malam bersama

Lho kok makan malam bersama, apa hubungannya? Hubungannya adalah saat makan bersama, semua anggota keluarga berkumpul dan berdoa bersama sebelum makan. Di waktu inilah kita bisa saling mendoakan sebelum masuk ke doa makan itu sendiri.

2. Menonton bersama

Nggak melulu harus menonton film rohani kok Parents. Anda bisa menayangkan juga film superhero atau film keluarga lainnya dengan tetap memberikan pengertian kepada anak tentang maknanya, kalau bisa malah disisipkan firman Tuhan didalamnya. Karena terkadang dalam film keluarga terselip moral yang bagus untuk perkembangan anak juga lho.

Baca selanjutnya --------------------->

3. Jalan-jalan bersama

Family time sangat dibutuhkan untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga. Dengan berjalan-jalan bersama, anak merasakan bahwa orang tuanya memiliki waktu bersamanya untuk berekreasi. Disinilah waktu yang tepat untuk Parents sambil mengajarkan firman Tuhan tanpa gaya kaku. Bisa dengan menikmati ciptaan Tuhan di alam, bersyukur atas perjalanan dan rasa aman yang didapat, dan lainnya.

 

4. Kumpul saat ada hari istimewa

Kegiatan ini bisa dilakukan saat ada yang berulang tahun, momen Paskah, Natal, Tahun Baru, Imlek, dan lainnya. Biasanya di keluarga momin, momen kumpulnya keluarga ini akan dipakai juga untuk saling mendoakan keluarga yang hadir. Apalagi yang berulang tahun. Dari sinilah anak belajar untuk bisa mendoakan keluarganya sendiri.

 

5. Bercerita malam hari

Hal yang penting dilakukan sebelum anak tidur adalah menceritakan firman Tuhan namun bentuknya seperti dongeng. Kebetulan momin anaknya memang masih kecil dan senang mendengarkan cerita. Disitulah momin bisa bercerita tentang Yusuf, Yunus, kelahiran Tuhan Yesus, dan lainnya dengan kreatif serta memakai alat bantu Alkitab bergambar. 

Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami