Buah Roh, Satu Buah Dengan Aneka Rasa

Kata Alkitab / 10 April 2022

Buah Roh, Satu Buah Dengan Aneka Rasa

Lori Official Writer
802

Pernahkah Anda mencicipi sepotong buah yang benar-benar matang dan enak? Tentu saja Anda akan merasa dipuaskan dan lidah Anda terasa dimanjakan bukan?

Lalu bagaimana dengan buah yang kelihatannya enak, tetapi saat Anda memakannya rasanya malah asam, busuk atau hambar. Pasti sangat mengecewakan dan seketika Anda akan membuangkan ke tong sampah.

Kita mungkin identik dengan istilah ini yaitu buah roh. Ya, kita bisa menemukannya di Galatia 5; 22-23. Di sana disampaikan terdapat 9 jenis buah roh. Dalam artian, satu buah dengan 9 rasa, beraneka ragam rasa.

“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” 

Anda tentu saja ingin memiliki semua buah roh ini di dalam hidup Anda. Dan Tuhan sudah menyediakan semuanya untuk Anda. Namun, Anda mungkin perlu memastikan apakah setiap rasa ini sudah memberikan kepuasan bagi orang lain yang mencicipinya. 

Anda perlu tahu jika ukuran buah roh bagi setiap orang itu berbeda-beda. Beberapa orang menghabiskan waktu untuk mengolah buahnya agar tumbuh subur, sementara yang lain cenderung mengabaikan buahnya dan menjadi tidak produktif.

Tentu saja Tuhan mau kita menghasilkan buah yang membuat orang lain senang. Untuk itulah kita perlu memastikan apakah kita bertumbuh secara rohani. Mungkin sudah waktunya untuk memeriksa kondisi buah Anda. 

Apakah Anda ingin memeriksa kondisi buah roh yang ada di dalam diri Anda? Lakukan beberapa cara di bawah ini.

Buah Roh 1: Kasih

“Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.” (1 Yohanes 3: 18)

Saat menjalani keseharian Anda, apakah Anda memperlakukan orang lain dengan kasih tanpa syarat? Atau apakah Anda hanya terasa ketika semua keadaan tampak baik-baik saja sesuai dengan keinginan Anda? 

Buah roh kasih akan selalu manis dan nyata meskipun sulit untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang lain. Kemampuan untuk mengasihi tumbuh dari kasih agape atau kasih yang murni dari Allah.

 

Buah Roh 2: Sukacita

“Jangan kamu bersusah hati, sebab sukacita karena TUHAN itulah perlindunganmu!" (Nehemia 8: 10)

Bisakah Anda bersenang-senang di tengah kekacauan? Atau apakah Anda menampakkan wajah Anda yang kelihatan begitu murung? Ya, tentunya bukan berarti kita harus memaksa semua orang yang sedang menghadapi masalah tetap bersukacita. Tidak, karena itu pasti sulit. Tetapi Alkitab berkata supaya kita bersukacita di dalam Tuhan. Karena Dia akan menyertai kita. Karena kita juga percaya bahwa setiap pencobaan yang kita alami dalam hidup diizinkan terjadi untuk membuat iman kita semakin kuat.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami