Ingin Anak Mau Menuruti Anda? Ini 5 Cara Mendidik Mereka dari Sekarang

Parenting Superbook / 1 April 2022

Kalangan Sendiri

Ingin Anak Mau Menuruti Anda? Ini 5 Cara Mendidik Mereka dari Sekarang

Contasia Christie Official Writer
1650

Memiliki anak penurut siapa sih yang tidak mau? Bukan karena orang tua ingin “memanfaatkan” anak lho, tetapi karena orang tua mau yang terbaik buat anak, ya kan Parents? Tetapi sebelum kita menuntut anak untuk bisa melaksanakan apa yang kita minta, coba yuk kita ganti dahulu paradigma atau pemikiran kita.

Sebagai orang tua, wajar kita jadi emosi ketika anak mengabaikan perintah yang kita ingin mereka jalani. Apalagi karena tidak dilakukan, kita jadi berkali- kali memintanya dan tidak jarang sampai emosi. Wah jika gitu caranya, mendingan berhenti lakukan itu Parents karena bukannya menolong anak untuk berubah, bisa jadi mereka merasa dibatasi dan tertekan. Daripada bingung, coba lakukan hal ini untuk menolong Parents dalam mendidik mereka:

 

1. Hindari terlalu banyak perintah

Pada dasarnya, otak anak tidak sanggup memproses informasi sekaligus. Misalnya, mulai dari memintanya mematikan TV, mandi, menyikat gigi, menyisir rambutnya kemudian tidur. Informasi ini hanya akan membuat mereka kebingungan dan tidak peduli. Akan lebih baik menyuruhnya untuk mematikan TV lebih dulu. Setelah selesai katakanlah,“ Oke sayang, gosok gigimu dan pergilah tidur.”

 Baca juga : 5 Ayat Alkitab yang Perlu Orangtua Ketahui Tentang Mengasuh Anak

 

2. Berdiskusi secara langsung

Saat anak melakukan hal tapi terlalu lama, orang tua biasanya akan mulai kehabisan kendali. Jadi, segeralah meminta ia melaksanakan sesuatu di bawah kontrolmu. Misalnya,“ Sayang, pakai sepatumu sekarang. Kita akan berangkat ke taman.”

 

3. Sampaikan perintah yang diikuti dengan kontak fisik

Misalnya saat orang tua hendak menyuruh anak untuk menyimpan pakaian kotor ke tempatnya. Sampaikanlah secara langsung dengan memberikan pakaian kotor ke anak dan menyuruhnya segera menaruhnya ditempatnya. Atau disaat anak buru- buru harus berangkat ke sekolah dan hendak mengingatkannya untuk memakan bekal makan siangnya, sampaikanlah dengan memandang matanya dan memegang tangannya. Hal ini akan membuat anak sungguh- sungguh melakukan perintah orang tua.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami