Tips Mengajarkan Cerita Alkitab Kepada Anak Balita!

Parenting / 29 March 2022

Kalangan Sendiri

Tips Mengajarkan Cerita Alkitab Kepada Anak Balita!

Contasia Christie Official Writer
692

Nggak mudah mengajarkan anak balita tentang firman Tuhan, apalagi dengan cara yang menyenangkan. Belum tentu ibu atau bapaknya bisa sabar menemaninya, bahkan melakukan aktivitas yang menuntut kerajinan tangan atau banyak bahan. Padahal inilah tantangan kita sebagai orang tua ya. Kita harus memberitakan Kabar Baik bahkan sejak anak dalam kandungan lho!

Umumnya, orangtua membawa anak-anaknya untuk masuk ke kelas Sekolah Minggu ketika mereka sudah berusia 6 tahun. Tapi yang namanya pendidikan agama sebagai pondasi iman, anak harus mendapatkannya sedini mungkin. Nah berikut caranya mengajarkan isi Alkitab untuk anak balita.

1. Gunakan bahasa sederhana

Jangan memakai bahasa yang tinggi atau sulit. Gunakan kata yang gampang-gampang saja. Contohnya ketika kakak mau menceritakan tentang kasih Tuhan, kakak bisa menggunakan kata ‘Tuhan Yesus sayang pada kita.’ ‘Mengasihi’ kurang cocok digunakan untuk anak balita karena jarang digunakan. Kata ‘sayang’ lebih familiar karena digunakan sehari-hari.

 

2. Bawakan kisah Alkitab yang menyenangkan

Jangan menceritakan kisah yang seram-seram ya kak. Anak kecil itu suka berimajinasi. Ia akan membayangkan kisah yang kakak ceritakan. Kan kasian kalo cerita Alkitab malah bikin anak-anak ketakutan. Ceritakan tentang kebaikan, mujizat, berkat, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

 

3. Mengajar sambil bermain

Contohnya, ketika kita menceritakan tentang kasih Tuhan, kita bisa mengajak anak menyebutkan siapa saja yang menyayangi dia dimulai dari lingkungan rumah. Bermain adalah kesempatan untuk mengulang-ulang firman Tuhan. Tips ketiga nggak lengkap dehh kalo tidak disertakan contohnya. Untuk mempermudah kakak memahami tips ketiga, silahkan simak videonya di bawah ini ya.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami