Kemenkes Bangun Layanan Kesehatan Ibu dan Anak Di 6 RS Vertikal

News / 28 March 2022

Kalangan Sendiri

Kemenkes Bangun Layanan Kesehatan Ibu dan Anak Di 6 RS Vertikal

Aprita L Ekanaru Official Writer
1149

Tingginya angka kanker anak dan kanker pada perempuan di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus, hal ini dijelaskan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Oleh sebab itu, sebanyak 6 Rumah Sakit Vertikal milik Kementrian Kesehatan (Kemenkes) akan membangun sarana khusus layanan kesehatan ibu dan anak.

Pembangunan rumah sakit ini merupakan proyek kerjasama dengan pihak swasta, salah satu mitra strategis di bidang investasi kesehatan. Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, kualitas, dan penyampaian layanan kesehatan di 6 rumah sakit milik Kemenkes yang tersebar di 5 Provinsi di Indonesia. Nantinya, rumah sakit ini dapat membantu mengurangi angka kematian ibu dan anak, mencengah stunting, sekaligus memaksimalkan bonus demografi Indonesia 2030 mendatang.

 

BACA JUGA: 7 Gejala Awal Kanker Ini Perlu Anda Waspadai Karena Mirip Dengan Penyakit Lainnya..

 

"Kita 2030 akan mengalami puncak demografi, yang bisa meningkatkan ekonomi. Tetapi demografi ini ada ancaman, yaitu kematian ibu dan anak tinggi," ujar Menkes Budi saat acara The Strengthening of National Referral Hospitals and Vertical Technical Units Project di RS Kanker Dharmais Jakarta pada Sabtu (26/3/2022).

Menkes Budi juga mengatakan bahwa tahun ini pembangunan rumah sakit sudah dimulai. Diperkirakan bulan Juni atau Juli akan dimulai peletakan batu pertama. Diharapkan pembangunannya selesai semuanya pada tahun 2024. 

"Nanti keenam dirut RS Vertikal ini bakal saya kejar-kejar, harus selesai lho ya 2024. Rencananya, saya akan undang lagi, yang dari RS Vertikal di Yogyakarta, Ujung Pandang untuk bisa meresmikan bersama-sama bantuan proyek IsDB ini."

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami