Hati-hati! Makan Sebelum Tidur Bisa Mengganggu Kesehatan Lho!

Health / 24 March 2022

Kalangan Sendiri

Hati-hati! Makan Sebelum Tidur Bisa Mengganggu Kesehatan Lho!

Aprita L Ekanaru Official Writer
581

Self love yang paling sederhana dan disukai banyak orang adalah tidur yang cukup, mungkin Anda salah satunya. Namun nyatanya masih banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Terdapat faktor-faktor tertentu yang dapat menghambat kulitas tidur Anda, sehingga Anda bisa mengalami susah tidur atau insomia.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan makan sebelum tidur ternyata bukan hanya memiliki dampak terhadap kualitas tidur, tetapi juga dapat mengganggu kesehatan?

Sebagian besar orang berfikir bahwa makan sebelum tidur bisa menambah berat badan. Dugaan ini memang tidak salah, bahkan Anda bisa mengalami kenaikan berat badan hingga dua kali lipat. Akan tetapi, kebiaaan ini juga dapat menimbulkan masalah lain.

Ahli diet Alexis Supan juga mengatakan bahwa makan sebelum tidur dapat merusak metabolisme dan menganggu kestabilan gula darah. Kendati demikian, bukan berarti Anda dilarang sama sekali tidak boleh makan sebelum tidur. Namun Anda harus memperhatikan waktu makan Anda agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur di malam hari.

Selain itu, jenis makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur juga turut berpengaruh. Saat Anda memilih makanan yang cenderung tidak sehat, maka kualitas tidur Anda mungkin terganggu. Hal ini terjadi karena dapat membuat tubuh yang seharusnya beristirahat justru bekerja keras untuk memproses makanan, sehingga Anda berpotensi mengalami gangguan pencernaan dan stroke.

Tak hanya itu, menurut Sleep Advisor, langsung tidur setelah makan juga dapat membuat mental exhaustion. Alhasil, Anda bisa saja mengalami mimpi buruk akibat kebiasaan tersebut.

Melihat resiko yang dapat ditimbulkan, baiknya Anda menghindari aktivitas makan sebelum tidur. Apabila Anda benar-benar lapar, Anda bisa memilih makanan yang menyehatkan atau bisa dikonsumsi sebelum tidur seperti di bawah ini:

1. Susu

Bila dikonsusmsi dalam kondisi hangat, susu dapat membantu tubuh menghasilkan melatonin yang merupakan hormon baik untuk mengatur siklus bangun dan tidur.

2. Kacang-kacangan

Kacang seperti kacang almond, kacang kenari, pistachio, hingga mente bisa Anda makan sebelum tidur. Pasalnya, kacang-kacangan ini ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Kacang juga mengandung melatonin, yaitu mineral seperti magnesium dan seng, yang menyerupai hormon melatonin dalam tubuh. Kombinasi ini dapat mengatasi insomnia pada lansia.

3. Buah Kiwi

Buah hijau berukuran kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk membantu meningkatkan kualitas tidur.

Buah ini kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya, termasuk vitamin C dan vitamin E sekaligus kalium dan folat. Sebuah penelitian pada tahun 2016 menyatakan bahwa buah kiwi dapat membantu Anda tidur lelap.

4. Madu

Memakan madu sebelum tidur dapat membantu Anda cepat terlelap di malam hari. Hal ini disebabkan madu dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan gula alami dalam madu dapat meningkatkan insulin dan triptofan. Dengan begitu, Anda akan menjadi tidur dengan nyenyak.

5. Buah dan sayur berwarna oranye dan merah

Anda bisa mengonsumsi tomat, jeruk, semangka, pepaya, dan buah dengan warna merah atau oranye lainnya bisa membantu Anda agar tidur lebih nyenyak.

Sumber : https://hellosehat.com/
Halaman :
1

Ikuti Kami