Patenpreneur: Program Pelatihan dan Pendampingan untuk UMKM, Ini Cara Daftarnya

News / 23 March 2022

Kalangan Sendiri

Patenpreneur: Program Pelatihan dan Pendampingan untuk UMKM, Ini Cara Daftarnya

Aprita L Ekanaru Official Writer
534

Pengembangan kewirausahaan nasional menjadi target pemerintah yang diamanatkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) no 2 tahun 2022. Pemerintah menargetkan rasio kewirausahaan bisa mencapai 3,95 persen di tahun 2024.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) menciptakan sebuah program Patenpreneur ( Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri) 2022. Program ini digelar untuk memberikan pendampingan kepada para pelaku UMKM.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah, menyatakan program ini diarahkan untuk memfasilitasi wirausaha sesuai tahapannya.

"Pemisahan ini perlu untuk dilakukan karena tiap tahap wirausaha akan memiliki kebutuhan yang berbeda dan ekosistem yang berbeda,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (21/3/2022).

Program Patenpreneur memiliki tiga kategori wirausaha dengan kriteria yang berbeda, yaitu Calon Wirausaha, Wiraushaa Pemula, serta Wiraushaa Mapan (sudah berjalan minimal 3,5 tahun).

Metode yang digunakan dalam program Patenpreneur terbagi menjadi dua, yaitu konsultasi bisnis dan pendampingan usaha.

Kemenkop UKM menargetkan 3.700 peserta dengan rincian 3.000 wirausaha akan mendapatkan pendampingan ushaa dan 700 wirausaha lainnya akan mendapatkan konsultasi bisnis.

"Adapun klasifikasi tematik wirausaha yang akan mengikuti program tersebut adalah wirausaha sosial, wirausaha teknologi, wirausaha perempuan, wirausaha pemuda, dan wirausaha desa. Hal ini tentu sesuai dengan arahan Perpres tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional,” tambah Siti Azizah.

 

CARA PENDAFTARAN

Patenpreneur merupakan akronim dari ‘Pahlawan Tumpuan Ekonomi Negeri’. Bagi calon peserta yang ingin bergabung harus melewati bebrapa tahapan, yaitu:

1. Tahapan open call atau penjaringan peserta

2. Pendaftaran melalui link https://bit.ly/Patenpreneur

3. Lanjut ke tahap penilaian (assessment) enterpreneur.

4. Kemudian peserta menjalani kegiatan inti yaitu konsultasi bisnis dan pendampingan usaha.

5. Lalu masuk ke tahap evaluasi dan klasifikasi peserta.

 

Setelah melewati tahapan ini maka peserta program Patenpreneur akan disalurkan ke berbagai program lanjutan. Dimana peserta dapat terhubung dengan lembaga incubator, akses pembiayaan, kolaborasi rantai pasok, akses pasar baik melalui internal Kementerian Koperasi dan UKM maupun Kementerian/Lembaga terkait serta program kewirausahaan Dunia usaha, industri dan pendidikan.

Sumber : www.Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami