Saat Anak Ajukan Pertanyaan Sulit Tentang Alkitab, Jawablah Dengan 3 Cara Ini

Relationship / 23 March 2022

Kalangan Sendiri

Saat Anak Ajukan Pertanyaan Sulit Tentang Alkitab, Jawablah Dengan 3 Cara Ini

Lori Official Writer
1163

Bulan lalu, saya berhadapan dengan pertanyaan sulit anak saya berusia 10 tahun tentang identitas transgender. Kebetulan mereka sedang melakukan sebuah proyek bersama temannya di sekolah.

Jadi putri saya menjelaskan bahwa, sebagai orang Kristen, dia percaya Tuhan menciptakan kita hanya sebagai pria dan wanita. Sekalipun seseorang tidak bisa menerima identitas gendernya, dia harus tetap bersyukur dan menerimanya. 

Ketika mendengar penjelasan anak saja, temannya memilih tidak mau berteman lagi.

Jawaban anak tentu saja ditentukan dari sumber informasi yang dia dapatkan. Ketika anak berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit, khususnya tentang Alkitab dan kebenaran firman Tuhan, tugas orang tua untuk menanamkan pemahaman yang benar. Sehingga ketika dia berhadapan dengan kasus seperti LGBT atau keberadaan Tuhan yang tidak kelihatan, anak bisa menjelaskan dengan cara yang tepat.

 

Baca Juga: Ini 6 Keuntungan Orangtua Ikuti Kelas Parenting

 

Jadi lakukanlah 3 cara ini ketika anak mengajukan pertanyaan atau kondisi sulit yang dia sedang hadapi.

1. Belajar bersama

Sebagai keluarga, penting untuk memiliki waktu penggalian Alkitab. Hal ini bisa dilakukan baik setelah bangun tidur maupun sebelum tidur.

Seperti contoh, ketika kami membaca Alkitab bersama-sama, ada beberapa pertanyaan yang suka diajukan oleh anak. Misalnya, walaupun saya sudah membaca kitab Kejadian berulang kali, tetapi anak-anak saya sering mengajukan pertanyaan yang saya tidak pernah pikirkan. Karena itu, kadang saya menjawab dengan jujur bahwa saya tidak tahu soal hal itu.

Tetapi sebagai orang tua, kita seharusnya memberikan jawaban yang bisa diterima oleh anak. Dan hal ini bisa kita lakukan dengan mengajak anak untuk belajar bersama. Jadi cobalah berkata jujur seperti, “Ibu tidak tahu. Tapi mari kita cari tahu.”

Atau orang tua juga bisa menahan jawaban dan akan memberitahu anak nanti. Saat itulah orang tua perlu menemukan jawaban yang tepat, entah dengan bertanya kepada orang yang lebih tahu Alkitab atau menggali dari buku atau sumber terpercaya lainnya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Crossway.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami