Lidah Terasa Pahit Saat Anda Sakit? Atasi Dengan 5 Cara Ini

Health / 23 March 2022

Kalangan Sendiri

Lidah Terasa Pahit Saat Anda Sakit? Atasi Dengan 5 Cara Ini

Aprita L Ekanaru Official Writer
448

Saat sedang sakit atau sedang tidak enak badan, pernahkah Anda merasa makanan atau minuman apa pun yang dikonsumsi terasa tidak enak di mulut? Banyak orang yang sedang sakit mengeluhkan kondisi lidah terasa pahit, sehingga kehilangan nafsu makan dan minum. Sementara itu, tubuh Anda membutuhkan banyak asupan makanan dan minuman yang bernutrisi saat sedang sakit.

Mengapa lidah Anda terasa pahit saat sedang sakit? Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior and immunity pada 2015, para ahli menemukan bahwa indra pengecap Anda jadi lebih peka terhadap rasa pahit saat sedang sakit.

Penyebab lazimnya orang jatuh sakit karena tubuh mengalami peradangan atau infeksi. Ketika mengalami hal tersebut, kadar protein tertentu di dalam tubuh akan meningkat. Jenis protein ini dikenal di dunia medis dengan sebutan TNF-a (Tumor Necrosis Factor-a).

Melonjaknya kadar protein TNF-a dapat menyebabkan gangguan pada indra pengecap yaitu lidah. Protein ini mengaktifkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk mengecap rasa pahit. Oleh sebab itu, apapun yang Anda makan atau minum akan terasa lebih pahit dari biasannya.

Sensasi mulut dan lidah terasa pahit juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi lain. Gangguan rongga mulut dan gigi, gangguan sistem pencernaan, hingga ketidakseimbangan hormon umumnya bisa jadi penyebab lidah pahit yang umum dirasakan banyak orang.

Dilansir dari Universuty of Michigan Health, berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda mengatasi mulut pahit saat sakit:

1. Berkumur dengan larutan soda kue

American Cancer Society merekomendasikan cara ini terutama untuk pasien kanker yang mengalami mulut pahit karena kanker maupun efek samping pengobatan yang dijalani.

Caranya, larutkan 1/4 sendok teh baking soda dan 1/2 sendok teh garam dalam secangkir air hangat. Kumur-kumurlah dengan larutan tersebut, lalu bilas mulut dengan berkumur menggunakan air bersih.

2. Makan buah jeruk

Bagi sebagian orang, cara ini cukup manju karena mengkonsumsi buah jeruk atau lemon dapat menghilangkan sensasi getir pada mulut Anda. Rasa masam pada jeruk, dapat membantu merangsang indra perasa Anda.

3. Menyikat Lidah

Lidah bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri, seperti halnya gusi dan gigi. Menumpuknya bakteri pada reseptor pengecap lidah dapat menyebabkan bau mulut serta masalah kesehatan mulut.Membersihkan lidag akan membantu menyigkirkan bakteri penyebab bau dan pahit pada mulut.

4. Memperbanyak minum air putih

Mulut yang pahit ternyata ada kaitannya dengan kondisi mulut kering. Meminum air putih sesering mungkin dapat menghindari mulut kering, terutama jika Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Setidaknya Anda minum delapan gelas air dalam satu hari.

5. Mengunyah permen karet dan mengurangi kebiasaan tertentu

Cara ini juga cukup mudah dilakukan yakni mengunyah permen karet, pilihlah permen karet yang bebas gula dengan aroma peppermint atau buah-buahan. Sementara itu berhenti atau hindari dulu untuk merokok, minum kopi, atau minum alkohol. 

Sumber : https://hellosehat.com/
Halaman :
1

Ikuti Kami