Belajar Leadership Dari Nehemia, Ini Lho 4 Karakter yang Harus Anda Miliki

Kata Alkitab / 17 March 2022

Kalangan Sendiri

Belajar Leadership Dari Nehemia, Ini Lho 4 Karakter yang Harus Anda Miliki

Claudia Jessica Official Writer
1911

Jika Anda adalah seorang pemimpin di gereja, komsel, ataupun seorang pemimpin yang beragama Kristen, maka Anda memiliki tugas yang lebih besar daripada yang bisa Anda tangani seorang diri. Kitab Nehemia, menunjukkan pentingnya kepemimpinan yang baik dalam menyelesaikan suatu proyek.

Dengan kepemimpinan yang tepat, orang Israel dapat menyelesaikan sebuah proyek selama 52 hari, proyek lain selama 80 tahun, yang orang lain bilang bahwa proyek tersebut tidak dapat diselesaikan. Ketika Anda memiliki kepemimpinan yang hebat, proyek-proyek penting bisa diselesaikan.

Pemimpin seperti apa yang dibutuhkan oleh gereja dan komunitas Anda? Nehemia menunjukkan kepada kita mengenai 4 ciri dari seorang pemimpin yang hebat.

 

1. Memiliki visi yang jelas

Anda membutuhkan visi yang jelas untuk bisa mendorong Anda terus maju, dan Nehemia memiliki hal itu. Ketika beberapa musuh Nehemia mencoba membujuknya untuk meninggalkan pekerjaanya, dia menjawab, “Aku tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar,” (Nehemia 6:3). Nehemia sangat bertekad. Dia berkomitmen pada panggilannya karena dia menyadari bahwa dia melakukan sesuatu yang penting.

Kehidupan yang hebat datang ketika Anda berkomitmen untuk tujuan yang besar, yaitu tujuan terbesar yakni Kerajaan Allah.

Banyak pemimpin yang mudah teralihkan oleh hal-hal sepele. Jika Anda ingin memimpin gereja Anda untuk menyelesaikan tugas yang benar, mulailah dengan menjadikan Kerajaan Allah sebagai prioritas utama Anda. Meninggalkan segala sesuatu yang lain di belakang.

 

2. Kepekaan

Anda harus bisa melihat masalah di depan Anda. Sebagai seorang pemimpin, setiap kali Anda mencoba sesuatu yang besar, masalah akan menghampiri Anda. Nehemia memiliki kepekaan yang luar biasa. Setiap kali jebakan muncul, dia dapat merasakannya. Misalnya ketika dia tahu apa yang direncanakan oleh musuh, “mereka berniat mencelakakan aku,” (Nehemia 6:2). Ketika orang-orang ini menempatkannya sebagai raja dengan tujuan untuk memberontak dan melawan raja Persia, Artahsasta, Nehemia berkata, “mereka semua mau menakut-nakutkan kami,” (Nehemia 6:9).

Bagaimana Nehemia mengetahui hal ini? Dari kepekaannya.

Anda membutuhkan kepekaan seperti ini sebagai seorang pemimpin, dan Anda hanya bisa mendapatkannya dengan satu cara. Yakobus 1:5 berkata, “Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah.”

Ketika Anda menghabiskan waktu dalam Firman Tuhan, Anda mulai berpikir dengan mindset Kristus dan menjadi pemimpin yang lebih peka.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : pastors.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami