Pemicu Mata Panda Tak Selalu Karena Kurang Tidur, Cari Tahu Di Sini..

Health / 17 March 2022

Kalangan Sendiri

Pemicu Mata Panda Tak Selalu Karena Kurang Tidur, Cari Tahu Di Sini..

Aprita L Ekanaru Official Writer
415

Banyak orang mengira penyebab mata panda adalah karena kurang tidur atau kelelahan. Namun ternyata kondisi tersebut bisa terjadi dikarenakan beragam masalah kesehatan, sampai dengan kondisi fisik tertentu juga dapat mempengaruhi terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

Meskipun dirasa tidak terlalu mengganngu dan menimbulkan rasa sakit, namun mata panda dapat mempengaruhi penampilan wajah, terutama bagi kondisi wajah yang cerah karena lingkaran mata akan semakin terlihat jelas.

Berikut adalah penyebab mata panda yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Kurang tidur

Dilansir dari About Vision, kurang tidur dapat menyebabkan kulit tampak kusam, terutama area di bawah mata. Hal ini juga dapat memicu terbentuknya kantung di bawah mata dan memberikan bayangan lingkaran hitam yang menyerupai mata panda. 

2. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kolagen yang terdapat di kulit wajah semakin menipis. Kondisi ini membuat pembuluh darah di bagian bawahnya semakin terlihat, serta area di bawah mata tampak lebih gelap.

3. Alergi

Saat terkena alergi, tubuh akan melepaskan zat kimia yang sisebut histamin. Kondisi ini membuat pembuluh darah melebar dan bagian bawah mata terlihat lebih gelap. 

4. Mata gatal

Jika timbul gatal di area sekitar mata, seringkali tanpa sadar orang menggaruknya, apabila menggaruk terlalu berlebihan, pembuluh darah di bagian kulit dekat mata bisa pecah dan membentuk lingkaran hitam di sekitar mata.

5. Trauma

Trauma atau cedera Kecelakaan karena cedera atau trauma di dekat mata bisa memicu memar dan membentuk lingkaran hitam di sekitar mata. Selain itu, kondisi sejenis juga bisa muncul karena efek samping operasi kosmetik wajah, gigi, atau sinus. Kekurangan cairan Hidrasi atau menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh penting untuk kesehatan dan penampilan. Ketika tubuh kekurangan cairan, bagian bawah mata bisa terlihat lebih cekung dan warnanya jadi lebih gelap.

6. Hiperpigmentasi

Terbentuknya bercak kulit yang lebih gelap bisa muncul di berbagai bagian tubuh, termasuk kulit area mata. Kondisi ini bisa dipengaruhi paparan sinar matahari berlebihan, hormon, dll. 

7. Kekurangan zat besi 

Kadar zat besi yang berada di bawah kisaran normal bisa mengganggu sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh. 

8. Paparan rokok 

Paparan karbon monoksida dari rokok membuat area kulit yang tipis, seperti di bagian bawah mata, terlihat lebih gelap. Selain itu, merokok juga bisa mempercepat penuaan sehingga orang jadi lebih berisiko terkena mata panda.

9. Konsumsi alkohol berlebihan 

Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan bisa membuat pembuluh darah di bawah mata melebar. Kondisi ini membuat lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih jelas. 

10. Faktor genetika 

Di beberapa kasus, penyebab mata panda juga bisa terkait faktor genetika atau keturunan. Orang yang punya saudara atau orangtua dengan mata panda biasanya juga rentan mengalami kondisi serupa.

Cara mencegah mata panda Dari penjabaran beberapa penyebab mata panda di atas, sebagian masalah ini terkait faktor yang bisa dikendalikan. 

Dilansir dari Kompas.com, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mata panda, antara lain:

1. Upayakan untuk tidur berkualitas minimal tujuh jam di malam hari 

2. Kontrol stres

3. Jaga pola makan bergizi lengkap dan seimbang untuk mencegah anemia

4. Gunakan tabir surya apabila beraktivitas di luar ruangan

5. Lindungi area mata dengan kacamata yang dilengkapi dengan pelindung UV 

6. Berhenti  merokok

7. Minimalkan atau hindari minum minuman beralkohol

Lakukan beberapa langkah pencegahan mata panda di atas untuk mengantisipasi terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami