Mau Jadi Orang Miskin atau Kaya? Dua Hal Ini Cuma Sebatas Pola Pikir Loh!

Finance / 12 March 2022

Kalangan Sendiri

Mau Jadi Orang Miskin atau Kaya? Dua Hal Ini Cuma Sebatas Pola Pikir Loh!

Lori Official Writer
2124

Pernah ketemu sama seseorang yang merasa tetap kurang dalam hidupnya. Walaupun sebenarnya dia hampir sudah punya segalanya, yang bahkan orang lain gak punya?

Tahukah Anda kalau sebenarnya orang-orang seperti ini sedang hidup dalam mental miskin. Kenapa?

Karena kaya atau miskin, sederhananya hanya ditentukan oleh pola pikir.

Bisa jadi mental miskin inilah yang justru jadi penghalang seseorang gak bisa mencapai kesuksesan sepenuhnya dalam hidupnya.

Karena pada dasarnya, Tuhan menghendaki anak-anak-Nya hidup dalam kelimpahan.

Apa arti dari mental miskin?

Seperti saat dalam kondisi keuangan yang sangat ketat, kita mungkin akan mendengarkan tips keuangan dari berbagai sumber informasi tentang menghemat uang dengan berbagai cara, diantaranya mengurangi biaya makan, memutus layanan internet dan televisi atau mengurangi belanja.

Sebenarnya tips ini bijak untuk dilakukan khususnya saat keadaan keuangan sedang kurang baik. Bahkan Alkitab sendiri menasihatkan kita untuk menjadi pengelola keuangan yang bijak.

 

Baca Juga:

Apakah Menjadi Karyawan Kita Bisa Sukses? Begini Kata Coach Yungky Setiawan

Yakin Keuanganmu Sehat? Yuk Cek Bersama Pakar Keuangan Ken Henderson! Ada Tips Lain Juga!

 

Tapi saat kita melakukannya hanya untuk menimbun lebih banyak uang, dalam kondisi ini disebut dengan mental miskin.

“Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan.” (Amsal 21: 5)

Memotong pengeluaran memang bisa membantu pengaturan keuangan yang lebih baik dan membatasi sikap impulsif kita. Tapi dengan memotong terlalu banyak biaya pengeluaran, hanya akan membatasi kebahagiaan kita sendiri dan uang yang kita simpan hanya akan jadi beban daripada jadi alat untuk membuat kita bahagia.

Saat Anda merasa mulai terbeban karena hanya fokus dengan uang, saat itulah Anda mulai kehilangan tujuan dalam hidup sepenuhnya. Berhati-hatilah dengan pola pikir ini karena hanya akan mencuri kebahagiaan dan kepuasan dalam hidupmu.

Beberapa pola pikir mental miskin ini bisa berupa kalimat:

  • Aku hanya bisa membelanjakan uang sebanyak ini dan gak lebih…
  • Jadi kaya itu hanya untuk orang-orang tertentu, aku bukan salah satunya..
  • Aku gak akan pernah sukses karena masalahmu cukup banyak

Apa Anda adalah salah satu dari orang yang bermental miskin?

Jangan biarkan pikiran-pikiran itu membelenggu hidupmu. Mengatur keuangan itu memang baik, tapi jangan sampai mengorbankan kebahagiaanmu sendiri hanya untuk bisa menyimpan lebih banyak uang.

Tuhan mau hidupmu dalam kelimpahan. Dialah yang menciptakan semua yang ada di dunia dan semua itu ada supaya kita bisa menikmatinya. Kita hanya akan dibatasi oleh apa yang kita lakukan kepada semua hal yang Tuhan sediakan.

Waktu Anda mulai mengerti dan belajar tentang penyediaan Tuhan yang berlimpah, saat itulah pola pikirmu akan berubah.

Semakin Anda mengembangkan kemampuan yang Tuhan berikan di dalam diri Anda, semakin banyak hal yang Anda dapatkan.

Ingatlah kalau untuk mencapai kesuksesan sepenuhnya dalam hidup, bukan hanya dalam hal keuangan, Anda harus menyadari kalau Tuhan itu gak terbatas. Dia mau Anda mengalami berbagai hal di dunia ini secara tak terbatas.

 

Baca Juga: 

Esra Manurung, Udah Kerja Keras Tapi Gak Kaya-kaya Juga

12 Cara Antimainstream yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengisi Dana Darurat (Part 1)

 

Kalau Anda mau lebih banyak uang, teman, pengaruh, cinta atau apapun, pertama-tama alamilah berada di sana. Setelah itu mulailah menyebarkan kelimpahan yang Anda alami kepada semua orang.

Waktu Anda menyadari kalau dunia ini adalah tempat yang berlimpah dan lebih dari cukup, maka Anda akan menemukan kunci dari harta karun terbesar di dalam hidup Anda sendiri.

Gak mudah untuk menemukannya, tapi waktu Anda mengubah pola pikir Anda dan mulai konsisten menambahkan nilai kerajaan surga ke dalam kehidupan Anda sehari-hari, maka Anda akan mengalami kelimpahan yang Anda dambakan. Percayalah!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami