Sehari di Surga Justru 1000 Tahun di Bumi, Kenapa Matematika Tuhan Berbeda Dengan Manusia?
Sumber: christianity

Kata Alkitab / 20 August 2023

Kalangan Sendiri

Sehari di Surga Justru 1000 Tahun di Bumi, Kenapa Matematika Tuhan Berbeda Dengan Manusia?

Lori Official Writer
6983

Manusia sudah terbiasa bergantung kepada perhitungan matematika yang harafiah. Manusia suka membuat perhitungan berdasarkan pengetahuannya sendiri dan memperkirakan kemungkinan hasil yang akan terjadi berdasarkan perhitungan tersebut.

Misalkan saja tentang waktu, manusia begitu bergantung dengan jumlah menit, jam dan hari yang ada. Bahkan manusia menciptakan jam sebagai pemandu yang mengingatkan akan perhitungan waktu yang dihabiskan melakukan aktivitas demi aktivitas setiap hari.

Selain waktu, manusia juga mendapatkan pentunjuk dari perputaran bumi seperti fase dari pagi menjadi siang dan siang ke malam. 

Namun benarkah perhitungan yang kita buat di bumi sesuai dengan perhitungan yang Tuhan terapkan di surga?

Anda mungkin akan terkejut, tetapi faktanya di 2 Petrus 3: 8 disampaikan bahwa matematika Tuhan berbeda dengan matematika manusia.

“Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun dan seribu tahun sama seperti satu hari.”

 

Baca Juga: Gak Sama Dengan Perhitungan Dunia, Tuhan Punya Sistem Akuntansi-Nya Sendiri

 

Kitab Kejadian menyampaikan bahwa setiap peristiwa penciptaan, petang dan pagi merupakan satu hari penuh. Tuhan tidak mengubah definisi petang dan pagi setelah Dia menciptakan tata surya. Kejadian 1: 5 menyatakan bahwa Tuhan mengucapkan terang itu siang dan gelap itu malam. 

Filosofi matematika Kristen dimulai dengan Tuhan, yang menghitung hari-hari penciptaan seperti yang tercatat dalam Kejadian 1.

Mari menggali lebih dalam melalui 2 Petrus 3, tentang penantian orang percaya terhadap kedatangan Yesus. Petrus menyebut bahwa ketika penganiayaan semakin hebat, justru kedatangan Yesus terasa menjadi lebih lama.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Namun Petrus mengingatkan orang-orang percaya untuk tidak berkecil hati karena Tuhan sedang mengerjakan pekerjaan yang lain. Bagi manusia, jika sesuatu tidak terjadi dalam hitungan tahun, maka hal yang diprediksi tersebut mungkin tidak akan terjadi. Tetapi Tuhan tidak dibatasi oleh waktu yang dibuat manusia. Karena bagi Tuhan satu hari di surga seperti seribu tahun di bumi. 

Misalnya, seseorang yang berjanji melakukan sesuatu memiliki waktu yang terbatas untuk menepati janji tersebut. Sama seperti seorang ayah yang berjanji membelikan anaknya sebuah rumah. Dia dibatasi oleh waktu. Sehingga saat ayah tersebut tidak membeli rumah setelah bertahun-tahun berlalu, maka anak tersebut akan mempertanyakan kembali janji tersebut.

Sayangnya, kita tidak bisa melihat janji-janji Allah melalui kacamata waktu manusia. 2 Petrus 3 mengungkapkan bahwa Tuhan akan menepati janji-Nya. Dia bahkan sudah berjanji akan kembali suatu hari nanti untuk menghakimi dunia dan menyelamatkan umat-Nya. 

 

Baca Juga: Tuhan yang Perhitungan?

 

Sebagai orang percaya, kita juga perlu memahami perhitungan waktu penantian kita akan kedatangan Yesus. Misalnya seperti disebutkan di dalam Alkitab bahwa ‘waktu Tuhan sudah dekat’ (Matius 4: 17). Penggunaan kata ‘sudah dekat’ di sini bukan berarti dalam waktu satu bulan atau satu tahun. Hanya Tuhan yang tahu kapan waktu kedatangan-Nya akan tiba. 

Jadi yang bisa kita lakukan adalah tetap bertekun di dalam melakukan kebenaran dan kehendak Tuhan dengan setia hingga waktu itu tiba. 

“Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya.” (2 Petrus 3: 10-12)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami