Orang yang Pertama Transplantasi Jantung Babi Meninggal Dunia, Ini Faktanya...

News / 11 March 2022

Orang yang Pertama Transplantasi Jantung Babi Meninggal Dunia, Ini Faktanya...

Aprita L Ekanaru Official Writer
631

David Bennett (57 tahun), orang pertama yang menerima transplantasi jantung babi dua bulan lalu telah meninggal dunia pada Selasa (08/03/2022) di University of Maryland Medical Center.

Dokter yang menanganinya belum menginformasikan penyebab pasti kematiannya, namun dikatakan bahwa kondisi Bennett telah memburuk beberapa hari sebelum kematiannya.

 

BACA JUGA: Pertama di Dunia, Pria AS Sukses Jalani Operasi Transplantasi dari Jantung Babi

 

“Kami tidak bisa meminta organ yang lebih baik,” kata Dr. Bartley P. Griffith dari University of Maryland Medical Center, yang mentransplantasikan jantung babi ke Mr. Bennett.

Dr. Parsia Vagefi, kepala divisi transplantasi bedah UT Southwestern Medical Center mengatakan, orang tidak boleh melihat transplantasi sebagai kegagalan dan dia berharap itu berhasil. Sebagai "awal baru" untuk xenotransplantasi.

“Saya pikir apa yang ditunjukkan ini hanyalah sejumlah besar kemajuan yang telah dibuat dan mudah-mudahan ini hanya permulaan bagi kami untuk terus berkembang,” katanya.

Putra Bennett memuji rumah sakit karena menawarkan eksperimen terakhir untuk ayahnya, keluarganya berharap hal ini akan membantu upaya lebih lanjut untuk mengakhiri kekurangan organ.

"Kami berterima kasih untuk setiap momen inovatif, setiap mimpi gila, setiap malam tanpa tidur untuk masuk ke dalam upaya bersejarah ini," kata David Bennett Jr. dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland. "Kami berharap cerita ini bisa menjadi awal dari harapan dan bukan akhir."

Babi telah lama digunakan dalam pengobatan manusia, termasuk cangkok kulit babi dan implantasi katup jantung babi. Tetapi transplantasi seluruh organ jauh lebih kompleks daripada menggunakan jaringan yang diproses. Babi yang diedit gen yang digunakan dalam percobaan ini disediakan oleh Revivicor, anak perusahaan United Therapeutics, salah satu dari beberapa perusahaan biotek yang sedang mengembangkan organ babi yang cocok untuk transplantasi manusia yang potensial.

Selama beberapa dekade dokter telah berusaha agar suatu hari bisa menggunakan organ hewan untuk transplantasi yang menyelamatkan nyawa manusia. Bennett, seorang tukang dari Hagerstown, Maryland, adalah kandidat untuk upaya terbaru ini hanya karena dia menghadapi kematian tertentu — tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia, terbaring di tempat tidur dan dengan bantuan hidup, dan di luar pilihan lain.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami