Makanan Terbaik yang Bisa Anda Konsumsi Saat Bergejala Covid-19 Varian Omicron

Health / 7 March 2022

Makanan Terbaik yang Bisa Anda Konsumsi Saat Bergejala Covid-19 Varian Omicron

Aprita L Ekanaru Official Writer
567

Mengalami penurunan jumlah kasus penderita Covid-19 varian Omicron, bukan berarti virus tersebut telah hilang. Meskipun gejala Omicron tergolong ringan seperti batuk, pilek dan demam, namun varian ini lebih cepat menular daripada varian Delta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa sebagaian besar kasus Covid-19 varian Omicron adalah OTG atau gejala dengan sakit ringan, tanpa perlu harus ke rumah sakit. Sehingga kita cukup menjaga kesehatan dan isoman di rumah.

Berikut adalah makanan yang sebaiknya Anda konsusmi bila mengalami gejala Covid-19 varian Omicron:

1. Sayur Sop

Dikutip dari Huff Post, mengkonsusmis sayur-sayuran seperti sayur sop direkomendasikan untuk memulihkan kondisi Anda dari gejala Covid-19 varian Omicron.

“Sayur sop hangat dengan tambahan protein (seperti ayam atau tahu) adalah pilihan utama dari saya, karena sayuran akan memberikan banyak vitamin dan mineral tambahan, yang sangat penting pada saat sakit," kata ahli gizi terdaftar Morgyn Clair. 

Clair juga menjelaskan bila seseorang menderita sakit tenggorokan atau hidung tersumbat, cairan hangat dapat membantu meredakan gejalanya dan membantu memecah dahak. Ia menyarankan penambahan protein karena mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, karena semua enzim dalam tubuh terdiri dari protein.

 

2. Kaldu Tulang

Dikutip dari Huff Post, kaldu tulang juga dapat menjadi pilihan makanan terbaik yang dapat dikonsumsi oleh orang dengan gejala Covid-19 varian Omicron. Di dalam kaldu tulang mengandung protein yang tinggi serta zat-zat penting lainnya.

"Banyak dari nutrisi ini diperlukan agar sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Kebanyakan orang mengalami nafsu makan yang buruk ketika mereka terkena Covid-19, jadi sayur sop adalah pilihan makanan terbaik untuk mendapatkan nutrisi," kata ahli gizi terdaftar Paula Doebrich.

Dr Frank Lipman, kepala petugas medis The Well di New York City, menggambarkan kaldu tulang sebagai makanan yang “menghidrasi, kaya nutrisi, dan mendukung kekebalan."

 

3. Buah Beri

Mengutip Huff Post, beri adalah buah yang kaya vitamin, sehingga menjadi pilihan makanan terbaik untuk dimakan selama terinfeksi Covid-19 varian Omicron. 

"Ini (buah beri) diperlukan untuk mengurangi peradangan dan memberikan ketahanan terhadap infeksi dengan meningkatkan kekebalan tubuh," kata ahli gizi terdaftar dan bersertifikat Linda Altenburger.

Dijelaskan Altenburger bahwa macam-macam buah beri mengandung antiokasidan kuat yang sering dosebut flavonoid.

flavonoid dapat mengurangi pembentukan radikal bebas, kerusakan osidatif, dan mengandung sifat anti-virus.

Sumber : Kompas.com dan berbagai sumber.
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami