Mengawali Pra-Paskah, Apakah Rabu Abu Hanya Dirayakan Gereja Katolik Saja?

Kata Alkitab / 2 March 2022

Kalangan Sendiri

Mengawali Pra-Paskah, Apakah Rabu Abu Hanya Dirayakan Gereja Katolik Saja?

Lori Official Writer
1170

Tahun ini pra-paskah dimulai sejak Rabu, 2 Maret 2022. Ini adalah hari yang menandakan perayaan Rabu Abu atau hari refleksi dan pertobatan dari dosa. 

Gereja Katolik, khususnya menetapkan periode puasa 40 hari selama masa pra-paskah. Rabu Abu menjadi awal bagi umat Katolik memulai prapaskah, yang ditandai dengan misa pengampunan dosa dengan menaburkan abu di bagian kening bertanda salib. 

Lalu pertanyaannya apakah rabu abu hanya dirayakan oleh Gereja Katolik saja?

Katolik, Ortodoks dan sebagian gereja Protestan turut merayakan pra-paskah. Meskipun kebanyakan Gereja Protestan tidak secara spesifik membuat prosesi perayaan yang spesifik seperti di Gereja Katolik.

Gereja Protestan pada umumnya merayakan prapaskah dengan mengikuti aturan seperti doa, puasa dan melakukan tindakan kasih selama 40 hari lamanya.

 

Baca Juga: 

Kenapa Gereja Harus Rayakan 40 Hari Pra-Paskah?

5 Fakta Menarik Seputar 40 Hari Perayaan Masa Prapaskah Yang Harus Orang Kristen Tahu

 

Sementara di Gereja Katolik, perayaan Rabu Abu menjadi awal dimulainya pra-paskah, lalu akan diikuti dengan serangkaian perayaan seperti Pekan Suci sebagai minggu menjelang Paskah, Kamis Putih untuk memperingati pembasuhan kaki dan Perjamuan Terakhir Yesus Kristus bersama para Rasul, Jumat Agung sebagai peringatan penyaliban Yesus dan kematian-Nya di Kalvari dan Minggu Paskah sebagai perayaan kebangkitan Yesus dari kematian.

Orang Kristen memang dianjurkan untuk bertobat dan berpuasa, tetapi hal ini tidak secara spesifik harus dilakukan di saat Rabu Abu. Tetapi orang Kristen harus siap untuk bertobat, berpuasa dan melakukan kebaikan kepada orang lain sepanjang tahun dan bukan hanya selama masa Pra-Paskah.

Namun mengingat perayaan Paskah selalu dirayakan setiap tahunnya, Gereja Katolik pun menjadikan hal ini sebagai pengingat akan karya penebusan Yesus di kayu salib dan memakai waktu selama 40 hari untuk fokus kepada pertobatan, pengakuan dosa dan melakukan perbuatan baik.

 

Rabu Abu Dalam Alkitab

Meski tidak dituliskan secara spesifik di dalam Alkitab, namun prosesi menaburkan abu di bagian kening bisa ditemukan di beberapa ayat Alkitab ini.

Yehezkiel 9: 4

Berjalanlah dari tengah-tengah kota, yaitu Yerusalem dan tulislah huruf T pada dahi orang-orang yang berkeluh kesah karena segala perbuatan-perbuatan keji yang dilakukan di sana.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami