Bagaimana Gereja Seharusnya Menanggapi Perang Antar Negara yang Terjadi?
Sumber: Atlantic Council

Kata Alkitab / 27 February 2022

Kalangan Sendiri

Bagaimana Gereja Seharusnya Menanggapi Perang Antar Negara yang Terjadi?

Lori Official Writer
2943

Kenapa Masih Ada Orang Kristen yang Mendukung Perang yang Adil?

Ketika perang dilakukan untuk melindungi orang yang tak berdosa (warga sipil), hal ini dipandang sebagai contoh dari ajaran Yesus.

“Kasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi dirimu sendiri.” Matius 22: 39

Alkitab juga menunjukkan bagaimana sebuah kemarahan dibenarkan. Seperti apa yang dilakukan oleh Yesus di Bait Allah (Yohanes 2: 15). 

Kemarahan dalam hal ini bicara tentang menggunakan kemarahan seseorang dengan cara yang bijaksana dan terkendali untuk mewujudkan keadilan atau melindungi orang yang lemah.

 

Baca Juga: 20 Tahun Pasca Serangan 9/11, Apakah Amerika Sudah Bebas Dari ‘Perang Melawan Teroris’?

 

Namun tentu saja hal ini menjadi alternatif terakhir jika negosiasi gagal. 

Di dalam Matius 5: 9, Yesus sendiri menyampaikan, “Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah.” Ayat ini mengingatkan bahwa Yesus sendiri menginginkan sesuatu yang lebih mulia daripada menjadi pemarah yaitu menjadi pembawa damai.

Kehidupan Yesus menjadi contoh nyata dari bagaimana orang Kristen menanggapi masalah. Saat penjaga datang untuk menangkap Yesus, Dia tidak melawan malah meminta murid-murid-Nya untuk mundur. 

Pilihan ini tentunya sesuai dengan perintah ‘Jangan Membunuh’ dalam Keluaran 20: 13 dan ‘Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan..’ dalam Roma 12: 17.

 

Jika Perang Harus Terjadi Apa yang Bisa Orang Kristen Lakukan?

Saat ini ada begitu banyak organisasi kemanusiaan yang dibangun oleh lembaga-lembaga Kristen untuk membantu korban perang suatu negara. 

Jika upaya menyerukan perdamaian dan doa tidak menghentikan perang antar negara yang terjadi, orang Kristen setidaknya harus menolong para korban perang. Seperti menyediakan tempat pengungsian, konseling dan pendidikan bagi anak-anak korban perang dan pengobatan medis bagi korban yang terluka.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami