Olahraga yang Efektif Itu Mudah dan Sederhana. Cukup Dengan Lakukan Hal Ini …

Health / 27 February 2022

Kalangan Sendiri

Olahraga yang Efektif Itu Mudah dan Sederhana. Cukup Dengan Lakukan Hal Ini …

Claudia Jessica Official Writer
1922

Olahara adalah hal yang sering kali disarankan untuk memperoleh kesahatan yang optimal. Dengan berolahraga setiap hari, dapat membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Namun, apa jadinya jika kita malas atau melakukan olahraga yang berlebihan?

 

Malas olahraga

Seperti yang dibilang sebelumnya, olahraga membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan dapat mencegah berbagai penyakit. Jika malas berolahraga, tubuh akan menjadi kurang fit dan bahkan kebiasaan memanjakan tubuh dengan berbaring selepas bekerja justru membuat otot semakin kendut dan lebih rentan terserang penyakit.

Beberapa orang beranggapan bahwa berolahraga membuat tubuh lebih lelah. Padahal fakta menurut sejumlah penelitian, berolahraga tidak membuat lelah, justru dapat meningkatkan efektivitas kerja.

Rajin berolahraga membuat daya tahan tubuh meningkat dan juga mengurangi risiko terkena penyakit kronis di usia dewasa.

 

Terlalu lama berolahraga

Olahraga setiap hari berguna untuk menyeimbangkan energi yang masuk dan keluar dari tubuh, sehingga olahraga juga berguna untuk menjaga berat badan.

Tapi, olahraga yang dilakukan dengan berlebihan dapat member dampak negatif seperti stres, hingga menyebabkan overtraining. Overtraining dapat menyebabkan kamu mengalami kelelahan yang berkepanjangan, cedera otot dan sendi, kehilangan motivasi, mudah marah, membuat kualitas tidur menjadi buruk.

Selain itu, berpengaruh juga kepada kurangnya nafsu makan, mengubah funsgsi kekebalan tubuh dan hormon, serta dapat menurunkan kepadatan tulang. Untuk mencegah risiko overtraining, sebaiknya tambahkan sesi olahraga kardio daripada olahraga untuk memperkuat bagian otot tertentu guna mencapai durasi olahraga 60-90 menit.

 

Lalu, berapa lama waktu olahraga yang direkomendasikan setiap harinya?

Setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu susah, kamu bisa berolahraga dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda maupun bermain sepak bola dengan teman, dan lainnya. Di Indonesia sendiri, waktu olahraga yang direkomendasikan yakin 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari.

U.S. Department of Health and Human Services juga merekomendasikan untuk melakukan olahraga selama setidaknya 150 menit per minggu. Bentuknya bisa olahraga intensitas sedang (seperti jalan cepat dan berenang) atau selama 75 menit per minggu dalam bentuk olahraga intensitas tinggi (seperti berlari). Kamu bisa mengatur waktu untuk olahraga teratur setiap harinya.

 

Waktu untuk lamanya orang berolahraga, bergantung pada berat badan

Jika kamu telah berolahraga selama 30 menit setiap hari dan masih mengalami kenaikan berat badan, kamu perlu meningkatkan waktu olahraga sampai 60 menit setiap hari dan batas maksimal 90 menit setiap hari bagi orang yang kelebihan berat badan (overweight) untuk mencegah kenaikan berat badan seperti yang dilansir dari hellosehat.

Jika kamu memiliki berat badan yang normal, olahraga 30 menit per hari sudah cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika kamu ingin menjaga berat badan, kamu bisa memperpanjang waktu olahragamu menjadi 60 menit per hari dan jika kamu ingin menurunkan berat badan, kamu perlu melakukan olahraga yang lebih lagi yakni, 90 menit setiap hari. Jangan lakukan lebih dari ini karena olaharaga yang terlalu lama juga tidak baik.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami