Presiden Janji Majukan Papua, Persekutuan Gereja Yakin Papua Bisa Jadi Tanah Damai

News / 20 February 2022

Kalangan Sendiri

Presiden Janji Majukan Papua, Persekutuan Gereja Yakin Papua Bisa Jadi Tanah Damai

Lori Official Writer
4357

Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Papua (PGGP), Pendeta Hezkia Rollo mengapresiasi langkah pemerintah dalam menggandeng tokoh-tokoh gereja untuk mempercepat pembangunan di Papua.

Dia juga memuji Wakil Presiden Ma’aruf Amin karena telah mencanangkan Konferensi PGGP 2022 bersama para pemimpin gereja di Papua sebagai bentuk pengakuan terhadap peran penting gereja-gereja bagi pembangunan Papua.

“Tuhan itu baik karena menjadikan seorang kiai menjadi Wakil Presiden. Sehingga kami yang banyak kiai di Papua ini, bersatu dalam satu kesatuan gerak dan kami percaya bahwa pembangunan di Tanah Papua ini akan berjalan dengan damai dan sukacita, karena peletak dan pendiri PGGP telah keluar dengan tema sentral ‘Jadikan Papua Tanah Damai’,” ungkap Pendeta Hezkia Rollo.

 

Baca Juga: Gereja Terdalam di Dunia Rupanya Ada di Papua Loh! Begini Bentuknya…

 

Dia berharap semua hasil dialog dari konferensi tersebut bisa melahirkan rekomendasi untuk melibatkan gereja dalam pembangunan di Tanah Papua.

“Semua keinginan yang ada di tanah Papua segera dimuat dalam rekomendasi dan disampaikan kepada Wapres maupun Presiden. Supaya proses pembangunan di tanah Papua melibatkan tokoh agama, termasuk di dalamnya rekomendasi yang akan kami lahirkan dalam konferensi dan seminar ini,” ungkapnya.

Menurutnya, momentum konferensi PGGP merupakan komitmen baru dari semua pimpinan gereja di tanah Papua untuk berperan aktif dalam mendukung pembangunan di Papua.

“Jadi seluruh pimpinan gereja dari 58 denominasi gereja yang ada di Papua kita mau satukan persepsi, satukan langkah, untuk terus mengawal pembangunan di tanah Papua secara keseluruhan. Sehingga tidak ada lagi penderitaan dan tangisan serta penindasan menghilangkan hak-hak orang Papua secara ekonomi, sosial dan pendidikan, atau apapun itu, harus dihentikan,” terangnya.

 

Baca Juga: 

Bukan Hanya Olahraga, Rusun PON Papua Juga Diizinkan Untuk Kegiatan Keagamaan Lho…

Ditata Indah, Kawasan Menara Salib Ini Jadi Ikon Baru Kota Wamena

 

PGGP sendiri menyambut baik komitmen Presiden Jokowi terhadap percepatan pembangunan tanah Papua yang sudah dipatenkan melalui surat Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dan Kepres Nomor 20 Tahun 2020, tentang koordinasi terpadu percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat.

Harapannya, proses pembangunan ini nantinya bisa secara langsung melibatkan gereja-gereja setempat. Karena sebagai kota yang dibangun melalui injil, gereja harus hadir dan bekerja bersama dengan pemerintah untuk mewujudkan Papua sebagai Tanah Damai.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami