Gelombang Omicron Akan Melampaui Puncak Delta, Apa Kata Kemenkes?

News / 15 February 2022

Kalangan Sendiri

Gelombang Omicron Akan Melampaui Puncak Delta, Apa Kata Kemenkes?

Aprita L Ekanaru Official Writer
569

Angka kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan akibat penularan varian Omicron. Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat agar tetap tenang menghadapi kenaikan kasus positif Covid-19 varian Omicron di Tanah Air.

"Kenaikan kasus Covid-19 di tanah air, sesuai perkiraan, tengah menanjak angka positif harian mendekati puncak kasus seperti bulan Juli tahun lalu," ujar Jokowi melalui akun official instagramnya @jokowi, Minggu (13/02/22).

Dikatakan varian Omicron yang meyebar kali ini memiliki penularan yang tinggi , tetapi tingkat fatalitasnya lebih rendah dari varian Delta.

 

BACA JUGA: Kasus Omicron Terus Naik, Syarat Masuk Perjalanan Luar Negeri Diubah Jadi Begini...

 

Dilansir dari Kompas.com, Direktur Pencegahan Penyakit Menular (P2P) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi memprediksi pada Maret 2022 akan terjadi puncak kasus Covid-19 varian Omicron, bahkan diperkirakan puncaknya akan lebih tinggi berkali-kali lipat daripada kasus yang disebabkan oleh varian Delta.

"Kita akan melihat tren peningkatan sampai kita prediksi bahwa di akhir Februari atau di awal Maret 2022 ini merupakan puncak kasus Omicron yang bisa diprediksi itu 3 kali sampai dengan 6 kali lebih tinggi daripada variasi Delta," kata Nadia, dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/2/2022).

Pada kesempatan ini, Nadia juga mengklaim ketersediaan tempat tidur di rumah sakit masih terkendali meskipun kenaikan kasus harian terus terjadi. Hal itu karena pasien Omicron yang mengalami gejala ringan atau tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas isolasi terpusat pemerintah.

"Batuk, pilek, demam kemudian sakit tenggorokan dan saturasi oksigen lebih dari 95 persen tidak memiliki komorbid diharapkan untuk dapat melakukan isolasi mandiri baik di rumah ataupun di tempat-tempat isolasi terpusat yang sudah disediakan," ujarnya.

 

BACA JUGA: Kasus Omicron Meningkat di RI, 3 Hal Ini Patut Diwaspadai

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami