7 Manfaat Tak Terduga Cinta Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Bahagia Lho!

Health / 7 February 2022

Kalangan Sendiri

7 Manfaat Tak Terduga Cinta Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bikin Bahagia Lho!

Lori Official Writer
1081

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2010, setelah mmengamati 15 orang dewasa yang menjalin hubungan romantik selama 9 bulan. Ketika salah satu pasangan mengalami sakit, maka keberadaan pasangan lainnya membuat mereka sembuh lebih cepat.

Mereka mengaku jika kata-kata positif dari orang yang mereka cintai membuat rasa sakit berkurang. Yang lainnya mengaku hanya memandangi foto pasangan dan menatap kenangan manis mereka membantu untuk mengaktifkan sistem penghargaan di dalam otak yang berguna untuk menurunkan rasa sakit.

 

5. Cinta Bermanfaat Untuk Menurunkan Risiko Flu

Jika cinta bisa mengurangi stress pada diri seseorang, maka fakta lain yang juga sangat mengejutkan dari cinta adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Para peneliti di Carnegie Mellon University menemukan bahwa seseorang yang menunjukkan emosi positif lebih kecil kemungkinannya untuk sakit setelah terpapar virus pilek atau flu.

 

Baca Juga: 5 Ayat Alkitab yang Bicara Soal Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

6. Cinta Bermanfaat Untuk Mengurangi Kecemasan

Sebuah studi mengungkapkan manfaat jangka panjang dari cinta. Dimana salah satunya adalah mengurangi kecemasan berlebihan.

Para peneliti di Universitas Negeri New York di Stony Brook menggunakan pemindai MRI Fungsional (FMRI) untuk melihat otak orang-orang yang sedang jatuh cinta. 

Mereka menemukan bahwa orang-orang yang menjalin hubungan jangka panjang mengalami risiko kecemasan yang jauh lebih kecil dibandingkan mereka yang berhubungan hanya dalam jangka pendek dan tanpa komitme.

 

7. Memberi Umur Panjang

Menjalani hidup yang dipenuhi dengan cinta sangat membantu seseorang hidup lebih lama.

Penelitian di tahun 2011 lalu menemukan bahwa mereka yang tidak memiliki seseorang yang mencintai mereka, seperti pasangan, keluarga atau teman, memiliki risiko kematian dini yang jauh lebih tinggi sebesar 24% dibandingkan dengan mereka yang dikelilingi oleh orang-orang yang mencintai mereka.

Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan kepada 225 orang dewasa yang menjalani perawatan jantung menemukan bahwa cinta bisa membuat seseorang panjang umur. Mereka yang menikah saat menjalani operasi 2.5 kali lebih mungkin hidup selama 15 tahun kemudian.

Dari daftar manfaat cinta di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa cinta yang berkomitmen dalam jangka panjang menghasilkan manfaat yang sangat besar bagi seseorang. Karena itulah banyak orang yang mencari cinta hanya untuk mengalami kebahagiaan, meski kadang beberapa orang melakukannya dengan cara yang salah.

Tapi yang perlu diingat adalah manfaat ini tidak hanya bisa didapatkan dari cinta yang bersifat romansa lho! Bahkan ketika Anda sendiri merasa dicintai dan utuh menjadi pribadi, Anda juga akan mengalami efek.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami