Kesaksian OBI: Sumur Bor OBI Mempermudah Keluarga Bapak Daniel Mendapatkan Air Bersih

News / 2 February 2022

Kalangan Sendiri

Kesaksian OBI: Sumur Bor OBI Mempermudah Keluarga Bapak Daniel Mendapatkan Air Bersih

Aprita L Ekanaru Official Writer
850

Sudah lama Keluarga Daniel Sibarani (41 thn) sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Air sumur milik sendiri yang telah mereka gunakan bertahun-tahun, belakangan ini menjadi semakin berlumpur dan juga berbau. Hal ini karena rumah dan sumur mereka berada dekat pembuangan sampah kampung. Akibatnya keluarga Bapak Daniel sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk air minum, memasak, mandi, mencuci piring bahkan untuk mencuci pakaian pun tidak bisa. Air sumur itu juga menyebabkan mereka sekeluarga sering mengalami gatal-gatal dan sakit perut.

Untuk mengatasi hal itu mereka harus mengambil air ke sungai yang jaraknya lumayan jauh (sekitar 2 km) dari rumah mereka. Jika hujan datang, mereka selalu mengalami kesulitan untuk mengambil air di sungai itu, karena jalannya menjadi licin dan air sungai juga menjadi berwarna coklat dan berlumpur. Sering terjadi anaknya yang paling besar terpeleset dan terjatuh saat mengambil air jadi terpaksa harus kembali lagi ke sungai untuk mengambil air beberapa kali.

Sehari-hari Bapak Daniel Sibarani bekerja sebagai tukang Becak dan istrinya Ranti Pasaribu (40 thn) adalah ibu rumah tangga. Mereka mempunyai 3 anak yaitu : David (15thn), Rina (12 thn) dan Dean (9 thn). Walaupun hidup pas-pasan Pak Daniel tetap berusaha agar semua anaknya tetap bisa sekolah. Untuk membuat sumur yang baru sangat tidak mungkin buat mereka.

 

BACA JUGA: Kesaksian OBI: Operasi Bibir Sumbing buat Fatih Lewat Program Life Changing Surgeries

 

Sudah lama Bapak Daniel tahu bahwa ada sumur bor di dekat rumahnya, sumur itu ada di Jalan Sampali, Deli Serdang. Tapi Pak Daniel tidak tahu bahwa sumur itu adalah untuk umum. Sampai pada Oktober yang lalu Pak Daniel datang pada pemilik tanah di mana sumur bor itu berada, dan minta izin supaya mereka bisa mengambil air dari sumur bor itu. Baru kemudian Pak Daniel tahu bahwa sumur bor itu dibuat oleh Obor berkat Indonesia pada tahun 2019 untuk semua orang yang membutuhkan, terlebih mereka yang tinggal di desa Sampali.

Bapak Daniel sangat bersyukur, sekarang mereka bisa mendapatkan air sumur yang bersih dari sumur bor yang dibuat oleh OBI itu. Setiap kali mengambil air, mereka menggunakan becak barang agar bisa mengambil air sesuai kebutuhan keluarga mereka setiap harinya. Sekarang ia juga tidak kuatir lagi anaknya akan jatuh di sungai karena jalan yang licin di musim hujan, terlebih lagi mereka sekarang bisa hidup sehat karena ada air bersih yang cukup untuk keluarganya.

Water is Life and Clean Water is Means Health – Audrey Hepburn

BACA JUGA: Kesaksian OBI: Karakter Sammy Diubahkan Setelah Sekolah di PAUD OBI

Sumber : www.oborberkat.com
Halaman :
1

Ikuti Kami