Memaknai Tahun Baru Imlek dengan Sudut Pandang Iman Kristen

Parenting / 31 January 2022

Kalangan Sendiri

Memaknai Tahun Baru Imlek dengan Sudut Pandang Iman Kristen

Contasia Christie Official Writer
923

Besok teman-teman Tionghoa kita akan merayakan tahun baru Imlek. Pasti mereka sudah mempersiapkan banyak hal untuk menyambut tahun baru ini. Tahun yang baru ini melambangkan harapan baru untuk kebahagiaan dan kemakmuran.

Ini juga adalah waktu yang tepat untuk mempererat hubungan keluarga dan pertemanan, lewat makan malam bersama atau reuni. Walaupun memang saat ini Covid kembali meningkat, namun hal ini tetap bisa berlangsung secara online dan saling mengirimkan parcel.

Masyarakat Tionghoa yang beragama Kristen tetap merayakan tahun baru ini sebagai adat istiadat. Bagi Anda yang beragama Kristen, biasanya perayaan yang dilakukan juga bisa lho disesuaikan dengan sudut pandang iman kita kepada Kristus. Misalnya :

1. Membersihkan rumah

Tidak ada yang salah dalam tradisi membersihkan rumah kok. Malah baik untuk kehidupan di rumah kita dan membuat rumah kembali menjadi nyaman serta bersih.

2. Pakaian baru

Membeli pakaian baru bisa menjadi kesempatan kita untuk mensyukuri rezeki yang melimpah dari Tuhan.

3. Jeruk

Jeruk diartikan sebagai berkah untuk kemakmuran, karena kata “oranye” di bahasa Kanton terdengar seperti emas. Kita harus ingat ayat 1 Petrus 1:7 dimana firman Tuhan berkata bahwa iman kita kepada Kristus bisa melebihi nilai emas yang fana.

4. Angpao

Melalui angpao, kita bisa mengingat berkat-berkat yang telah Tuhan berikan kepada kita. Dan kini saatnya kita berbagi kepada orang lain. Angpao juga mengingatkan bahwa Allah kedudukannyalebih tinggi dari allah-allah lainnya.

5. Leluhur

Sementara orang Kristen Tionghoa hanya akan menyembah satu Tuhan, yaitu Tuhan Yesus Kristus. Namun Tuhan juga mengingatkan kepada kita untuk menghormati orang tua atau pendahulu kita (Keluaran 20:12). Walaupun penghormatannya tidak seperti teman seberang, tapi kita tetap menghormati pendahulu kita dengan cara yang telah Tuhan ajarkan.

 

Inilah doa yang bisa kita panjatkan saat merayakan tahun baru Imlek bersama keluarga:

Tuhan Yesus Kristus,

Kami berterima kasih atas tahun baru ini. Pertemuan keluarga kami ini kembali mempererat hubungan dan ikatan keluarga kami. Kami berterima kasih kepada para orang tua dan leluhur yang telah mengusahakan yang terbaik juga bagi keturunan di bawahnya.

Bapa, kami juga memohon keberanian untuk mewartakan kasih-Mu kepada keluarga dan teman-teman saat kami bertemu nanti. Kiranya di tahun yang baru, kami semakin bersyukur dan bisa memaksimalkan berkat maupun talenta yang Engkau berikan.

Dalam nama Tuhan Yesus, kami serahkan doa ini.

 

Amin

Sumber : saltandlight.sg
Halaman :
1

Ikuti Kami