Pertama di Dunia, Pria AS Sukses Jalani Operasi Transplantasi dari Jantung Babi

News / 11 January 2022

Kalangan Sendiri

Pertama di Dunia, Pria AS Sukses Jalani Operasi Transplantasi dari Jantung Babi

Aprita L Ekanaru Official Writer
837

Chigago, seorang pria Amerika Serikat (AS), David Bennett (57 thn), menjadi orang pertama di dunia menjalani transplantasi jantung babi hasil modifikasi genetik.

Tim dokter bedah dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland sukses menjalankan operasi dengan lancar.  Tiga hari pasca operasi atau pada Senin (10/1/2022), kondisi Bennett membaik. Namun tim masih harus menunggu perkembangan untuk memastikan hasilnya karena transplantasi ini baru pertama terjadi dari jenisnya.

Dilansir dari The New York Times, Dr Bartley Griffith, direktur program transplantasi jantung di pusat medis mengatakan, "Ini menciptakan denyut nadi, menciptakan tekanan, itu adalah jantungnya, ini berfungsi dan terlihat normal. Kami senang, tetapi kami tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Ini belum pernah dilakukan sebelumnya.”

Jika terbukti berhasil, para ilmuwan berharap organ babi bisa membantu meringankan kekurangan organ donor.

“Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ. Tidak ada cukup hati manusia donor yang tersedia untuk memenuhi daftar panjang calon penerima,” lanjut Dr Bartley P Griffith.

Sementara itu bagi Bennett, transplantasi jantung dari babi merupakan pilihan terakhirnya, setelah menunggu lama untuk mendapatkan donor manusia yang tak kunjung datang.

"Pilihannya mati atau melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup. Saya tahu ini seperti menembak dalam kegelapan, tapi ini pilihan terakhir saya," kata Bennett, dalam pernyataan yang dikeluarkan Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, sehari sebelum operasi.

Sekitar 110,00 orang menunggu transplantasi organ di AS, dan lebih dari 6.000 meninggal setiap tahun sebelum mereka dapat dicocokkan dengan donor organ dan dibawa untuk dioperasi.

Babi telah lama menjadi sumber potensial transplantasi karena organ mereka sangat mirip dengan manusia. Jantung babi pada saat usia penyembelihan, memiliki ukuran seperti jantung manusia dewasa.

Operasi Bennett sebagian didanai dari hibah dana penelitian yakni sebesar 15,7 juta dolar AS atau sekitar Rp223 miliar.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami