Canggung Bertemu Keluarga Besar Saat Tahun Baru? Persiapkan Diri Anda dengan 10 Tips Ini!

Relationship / 28 December 2021

Kalangan Sendiri

Canggung Bertemu Keluarga Besar Saat Tahun Baru? Persiapkan Diri Anda dengan 10 Tips Ini!

Claudia Jessica Official Writer
867

Sebentar lagi, kita akan mengakhiri tahun 2021 dan menyambut tahun 2022. Dalam momen pergantian tahun, biasanya banyak orang merayakan acara ini bersama dengan keluarga besar. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Namun salah satu permasalahannya adalah tidak seluruh anggota keluarga merasa dekat satu sama yang lain. Mungkin karena jarak yang memisahkan jauh, dan kurangnya waktu yang dihabiskan bersama telah menciptakan jarak di antara Anda dan keluarga besar Anda. Atau kemungkinan lainnya adalah, Anda menghabiskan waktu untuk berkumpul bersama keluarga besar pasangan Anda.

Keluarga besar biasanya dihiasi dengan berbagai perbedaan. Misalnya, saudara Anda menikahi seseorang dari suku yang berbeda sehingga memiliki budaya yang berbeda pula. Tetapi hal itu bukanlah tembok yang mampu memisahkan hubungan kalian. Tak perlu khawatir. Ini adalah momen yang tepat untuk kembali mengakrabkan diri Anda dengan keluarga besar.

Jika Anda dapat melakukan beberapa tips ini, Anda tidak akan mengalami stres berlebih. Liburan Anda bersama keluarga besar juga akan terasa lebih menyenangkan, bahkan mungkin terjadi pertemuan signifikasn pada keluarga besar Anda.

 

1. Biarkan diri Anda menjadi diri sendiri

Bebaskan diri Anda menjadi versi apa adanya diri Anda tanpa berusaha untuk disukai oleh semua orang. Dengan begitu, Anda tidak akan mendapat tekanan untuk melakukan hal apa yang akan disukai oleh keluarga besar Anda.

 

2. Tidak perlu merasa tertekan

Tidak perlu merasa tertekan hingga menyabotase damai sejahtera Anda dalam hari-hari menjelang pertemuan keluarga. Yesus berkata, “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari” (Matius 6:34). Anda hanya akan bersama keluarga besar selama beberapa jam atau hari, jangan biarkan perasaan gelisah mengendalikan emosi Anda sepanjang hari menjelang acara ya!

 

3. Buat rencana

Membuat rencana. Bertujuan untuk tetap dengan rencana Anda. Berjalanlah dalam kasih karunia ketika Anda tidak dapat berpegang pada rencana Anda. Amsal 27:12 mengatakan, “Orang bijaksana melihat bahaya dan menyembunyikan dirinya, tetapi orang sederhana terus berjalan dan menderita karenanya.”

Ada beberapa hal yang dapat membuat seseorang merasa sakit hati dari pertemuan keluarga besar. Jika Anda tidak menginginkan hal itu terjadi, maka hindari pikiran-pikiran berikut ini:

“Bagaimana saya akan melatih anak-anak saya untuk beberapa pengalaman buruk yang mungkin mereka alami dalam pertemuan dengan keluarga besar kita?”

“Mengetahui bahwa saya tidak mempercayai orang ini dalam keluarga saya, bagaimana saya akan memastikan bahwa anak-anak saya tidak ditinggalkan dalam situasi rentan dengan mereka?”

“Bagaimana saya akan mengarahkan percakapan dengan anggun ketika mereka pergi ke jalur gosip atau destruktif?”

“Bagaimana saya akan dengan penuh kasih memegang batasan saya ketika anggota keluarga ini mencoba untuk membuat saya bersalah atau memanipulasi saya?”

“Bagaimana saya akan mencintai dan mendukung pasangan saya saat mereka menavigasi orang yang berbeda dalam keluarga mereka?”

 

4. Ibadah pribadi

Luangkan waktu ibadah dan rasa syukur pribadi, untuk Anda dan keluarga dekat Anda. Di musim yang sangat sibuk ini, kita seringkali menomorduakan Tuhan. Sejatinya, Tuhan adalah yang utama di dalam hidup kita.

 

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : christianparenting.org
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami