Kata Siapa Liburan Bikin Bokek? Simak Dulu 7 Tips Liburan Hemat Berikut Ini!

Kata Siapa Liburan Bikin Bokek? Simak Dulu 7 Tips Liburan Hemat Berikut Ini!

Claudia Jessica Official Writer
407

Pernahkah Anda merasa kesulitan bertahan lantaran kehabisan uang setelah melewati masa liburan? Terkadang kita lupa membuat anggaran liburan dan kebutuhan bulanan sehingga uang habis begitu saja ketika liburan.

Membeli kado untuk sanak saudara, menyewa tempat mahal, makan makanan mahal, membeli oleh-oleh dari tempat wisata. Lalu tanpa sadar, semua aktivitas itu mengantarkan Anda kepada masa-masa berat dimana tidak memiliki cukup uang untuk bertahan hingga hari gajian tiba.

Tentu tidak ingin merasakan hal seperti ini bukan? Oleh karena itu, kita membutuhkan sesuatu yang dinamakan budgeting agar tetap bisa liburan sekaligus bertahan hidup sampai waktu gajian berikutnya tiba. Dicatat ya!

1. Tentukan anggaran untuk liburan

Sebelum pergi berlibur, tetapkanlah budget uang yang bisa Anda gunakan untuk liburan. Hal ini bertujuan untuk mencegah Anda menghabiskan terlalu banyak uang di masa liburan. Jika Anda ingin menghabiskan uang lebih banyak, Anda bisa mulai menabung dari bulan-bulan sebelumnya sehingga Anda bisa memperbanyak budget liburan Anda.

2. Buat daftar dari pengeluaran yang direncanakan

Biasanya, bagi beberapa orang, mereka akan memberikan kado ataupun hadiah berupa uang untuk saudara-saudara yang mereka temui di musim liburan. Hal ini harus masuk ke dalam daftar perencanaan keuangan Anda agar nanti tidak over budget.

BACA JUGA: 4 Hal Penting yang Harus Dilakukan di Tempat Kerja Sebelum Mengakhiri Tahun

 

3. Buat beberapa pilihan hadiah untuk setiap orang yang hendak Anda berikan hadiah agar tidak tergoda untuk mengeluarkan uang terlalu banyak

Jika Anda berencana untuk memberi hadiah, Anda bisa menggunakan cara ini agar budget liburan tetap aman terkendali. Jika hadiah opsi pertama terlalu mahal, Anda memiliki opsi kedua yang mungkin saja lebih dibutuhkan oleh si penerima kado. Memiliki beberapa ide cadangan untuk hadiah akan membuat Anda memiliki berbagai macam pilihan hadiah.

4. Riset harga sebelum ke pusat belanja atau belanja online

Sebelum membeli hadiah, Anda bisa membandingkan harga dari beberapa toko yang berbeda untuk mengetahui penawaran harga yang tersedia. Terlebih lagi, mungkin Anda bisa mendapatkan diskon dan mendapatkan penghematan.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : workingmother.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami