Inilah Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes
Sumber: canva

Health / 16 December 2021

Kalangan Sendiri

Inilah Pilihan Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Claudia Jessica Official Writer
2728

Penderita diabetes perlu memperhatikan asupan makanannya sehari-hari demi menjaga kesehatan. Apabila makan sembarangan, penyakit diabetes bisa semakin parah.

Banyak orang berpikir bahwa penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Maka dari itu, penderita diabetes menjadi rentan terhadap penyakit hipoglikemia (kurang darah). Padahal, penderita diabetes masih memerlukan gula, hanya saja dengan kadar yang berbeda.

Lantas, apa makanan yang aman dan sehat untuk penderita diabetes?

Memilih makanan yang baik untuk penderita diabetes

Glukosa dalam makanan berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Pada umumnya, semua makanan dan minum yang kita konsumsi akan mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Sebagai penderita diabetes, Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi agar gula darah tetap stabil sehingga terhindar dari komplikasi diabetes ataupun hipoglikemia.

Namun selain menghindari pantangan makanan yang tinggi gula, penderita diabetes juga perlu tahu makanan apa yang baik untuk kebutuhan tubuhnya. Umumnya, penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Indeks glikemik (IG) adalah ukuran yang menunjukkan seberapa cepat makanan dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. Makanan dengan indeks glikemik rendah artinya tubuh membutuhkan waktu yang lebih untuk untuk memproses makanan menjadi glukosa. Dengan begitu, gula darah dalam tubuh akan cenderung relatif stabil.

Berikut ini adalah makanan yang disarankan untuk penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah:

1. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan salah satu makanan paling sehat untuk penderita diabetes. Salah satu varian yang paling disukai banyak orang adalah gandum utuh.

Gandum utuh merupakan makanan dengan nilai glikemik rending yang tinggi serat. Dua kombinasi ini sangat menguntungkan sehingga membantu penyerapan glukosa dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk melengkapi kebutuhan nutrisi penderita diabetes.

Selain gandum utuh, biji-bijian lain yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah beras merah, quinoa, barley (jelai), beras hitam, buckwheat (gandum kuda atau soba).

2. Daging tanpa lemak atau ayam tanpa kulit

Penderita diabetes disarankan untuk menghindari konsumsi lemak trans dan lemak jenuh yang merupakan lemak tidak sehat dan bisa meningkatkan kolesterol serta risiko penyakit jantung.

Apabila hendak mengkonsumsi daging, pilihlah daging yang rendah lemak atau sangat rendah lemak.

Daging yang sangat rendah lemak memiliki 1 gram lemak dan 35 kalori per porsi. Menurut National Institutes of Health, hanya ayam kalkun atau dada ayam tanpa kulit yang termasuk jenis daging yang sangat rendah lemak. Sedangkan daging yang rendah lemak, rata-rata mengandung 3 gram lemak dan 55 kalori. Beberapa daging yang termasuk di golongan ini diantaranya adalah daging sapi seperti sirloin dan tenderloin, daging kelinci, daging babi rendah lemak, daging sapi muda, daging unggas seperti: ayam, kalkun, bebek, dan angsa.

Selain jenis-jenis daging seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa mengkonsumsinya dengan dibatasi.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang melimpah, tidak seperti sayuran lain yang mengandung karbohidrat tinggi dan indeks glikemik yang tinggi. Antioksidan yang terdapat dalam sayuran hijau dapat membantu mata dari degenerasi makula dan katarak. Kedua kondisi ini adalah penyakit gangguan penglihatan yang kerap diderita oleh penderita diabetes. Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau tersebut dalam bentuk lalapan, campuran salad, sup, tumisan, dan sebagainya.

 

BACA JUGA: Benar Gak Sih Makan Buah-buahan Bisa Sebabkan Diabetes?

 

4. Kacang-kacangan

Kacang bisa dijadikan pilihan sebagai camilan yang aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes. Kaya akan serat dan protein, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks termasuk makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Maka dari itu, kacang membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi glukosa sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara drastis. Selain itu, kacang juga kaya akan magnesium yang berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Beberapa pilihan kacang yang menjadi makanan sehat untuk penderita diabetes adalah kacang almond, kacang kenari, kacang mete, kacang pistachio, kacang kedelai, kacang tanah untuk diabetes, dan kacang merah. Namun karena kacang mengandung kalori tinggi, maka jangan sampai mengkonsumsi kacang berlebihan karena dapat menaikkan berat badan yang menjadi salah satu penyebab diabetes.

 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami