4 Kesalahan Orang Tua Yang Jarang Disadari Ini Bikin Anak Kepahitan Lho..

4 Kesalahan Orang Tua Yang Jarang Disadari Ini Bikin Anak Kepahitan Lho..

Claudia Jessica Official Writer
671

Tahukah Anda, parenting atau mendidik anak sudah dimulai sejak anak lahir, bukan ketika mereka bisa berbicara dan berjalan, apalagi saat sudah terlanjur besar. Peran orang tua sangat besar dalam tumbuh kembang karakter anak karena orang tua merupakan tempat belajar yang ditemui oleh anak untuk pertama kali.

Untuk mendidik anak memiliki karakter yang baik, tentu kita harus menghindari kesalahan. Meski kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan, kita bisa meminimalisir kesalahan dengan pengetahuan. Maka dari itu, cobalah perhatikan kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua namun jarang disadari berikut ini:

 

1. Terlalu banyak membicarakan pengorbanan orangtua

Niatnya membicarakan pengorbanan orang tua agar anak bisa lebih menghargai perjuangan orang tua, namun ternyata dampak yang terjadi adalah sebaliknya.

Beberapa orang memberi tanggapan ketika orang tua membicarakan tentang pengorbanannya membesarkan anak-anak mereka. Alih-alih merasa harus lebih menghargai orang tua, mereka justru merasa tidak berguna. Salah satu dari mereka bahkan merasa telah gagal menjadi anak dan berharap tidak pernah dilahirkan.

Anda jelas tidak menginginkan hal ini bukan? Membicarakan pengorbanan membesarkan anak tidak salah kok, namun kita harus bijak kapan harus menceritakan pengorbanan kita untuk anak-anak dan jangan sampai anak merasa menjadi beban bagi Anda.

 

2. Mengkritik berlebihan dan membandingkan-bandingkan anak

Siapa yang suka dikritik berlebihan? Sepertinya banyak orang yang tidak menyukai hal satu ini. Begitu juga ketika dibandingkan dengan orang lain. Misalnya seperti, “Kenapa kamu tidak sepintar dia?”

Anda harus tahu bahwa perbandingan seperti ini tidak hanya menjengkelkan, namun juga bisa merusak gambar diri anak Anda. Dia akan tumbuh dengan menganggap bahwa dirinya buruk dan tidak pintar seperti orang lain. Ingin membuat anak Anda merasakan perasaan ini?

 

3. Tidak menerima kegagalan anak dan selalu membantunya

Kasih sayang terhadap anak membuat Anda tidak ingin melihat mereka mengalami kegagalan sehingga terlalu sering membantunya. Pernah melakukan hal seperti ini?

Sesungguhnya cara ini tidak mendidik dan membuat anak jadi terbiasa untuk mengandalkan orang lain saat di masa krisisnya. Alih-alih mencegahkan mengalami kegagalan, sebaiknya biarkan anak Anda merasakan yang namanya kegagalan dan bantu mereka untuk bangkit kembali. Hal ini akan menjadi pengalaman yang lebih berharga untuk anak Anda. Kita tidak tahu sampai kapan kita bisa mendampingi mereka, sehingga pengalaman itu akan membantu mereka untuk tetap bangkit meskipun kita tidak lagi di sisinya.

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami