Bencana Dimana-mana, Mari Kita Satukan Hati Untuk Berdoa

Bencana Dimana-mana, Mari Kita Satukan Hati Untuk Berdoa

Claudia Jessica Official Writer
451

Bermacam-macam bencana melanda berbagai daerah di Indonesia. Seperti yang baru saja terjadi di NTT, gempa berkekuatan 7,5 SR mengguncang Larantuka NTT. Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan ­Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan potensi terjadinya Tsunami di NTT.

https://twitter.com/infoBMKG/status/1470595851630170116?s=20

Seperti tak ada habisnya, Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pun terlihat mengeluarkan awan panas sebanyak empat kali selama sepekan terakhir.

Jawaban.com telah merangkum berbagai bencana yang terjadi sepanjang bulan Desember 2021:

 

1. Erupsi semeru (4 Desember)

Bencana pertama yang terjadi di bulan Desember ialah erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Erupsi Gunung Semeru mengakibatkan kampung-kampung di sekitar gunung tertimbun oleh lahar vulkanik panas yang mencapai setinggi rumah.

 Saat ini tim Obor Berkat Indonesia (OBI) sedang dalam perjalanan menuju Kabupaten Lumajang untuk melakukan pelayanan kesehatan membantu para korban yang terdampak dari erupsi semeru. Mari kita doakan tim OBI dapat membantu dan melayani para korban sehingga mereka dapat segera pulih.

BACA: Lumajang Darurat Erupsi, Indonesia Bersatu Untuk #PrayforSemeru. Bantu Doa Yuk…

 

2. Banjir di berbagai daerah (7 Desember)

Pada awal bulan desember, berbagai wilayah di Indonesia diguyur hujan deras dalam waktu yang lama. Akibatnya, banjir terjadi di berbagai daerah. Mulai dari Lombok, Sidoarjo, Makassar, Bali, dan masih banyak lagi.

BACA: Wilayah-wilayah yang Banjir Karena Diguyur Curah Hujan Tinggi

 

3. Merapi jogja berpotensi meletus (8 Desember)

Gunung merapi di perbatasan Kabupaten Klaten, Boyolali, Magelang (Jawa tengah) dan Kabupaten Sleman (Daerah Istimewa Yogyakarta) saat ini masih terus dipantau. Pada hari ini, Selasa (14/12/2021) merapi kembali mengeluarkan awan panas guguran.

Informasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), peristiwa ini tercatat di seismogram berlangsung selama 130 detik.

Sampai saat ini BPPTKG masih menetapkan status aktivitas Gunung Merapi pada Siaga (level III).

 

4. Gempa NTT (14 Desember)

 Gempa berkekuatan 7.5 SR mengguncang tanah NTT hari ini. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang Margiono mengatakan, gempa terjadi pada pukul 11.20 Wita.

Lokasi gempa bumi terletak pada 7.59 derajat lintang selatan dan 122,26 derajat bujur timur. Pusat gempa bumi berada pada 112 kilometer arah barat laut Larantuka, Kabupaten Flores Timur, dengan kedalaman 12 kilometer.

“Gempa ini berpotensi tsunami,” papar Margiono sebagaimana dikutip dari Kompas.com pada hari Selasa (14/12/2021).

Saat ini masih belum ada laporan terjadinya kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi itu.

Mari kita bersatu hati berdoa, agar setiap korban yang terdampak setiap bencana ini dapat segera pulih dan kembali sehat. Serta para relawan yang terjun langsung ke lapangan untuk menolong para korban juga tetap sehat, kuat, dan bisa menjadi berkat bagi mereka semua.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami