Wilayah-wilayah yang Banjir Karena Diguyur Curah Hujan Tinggi

Wilayah-wilayah yang Banjir Karena Diguyur Curah Hujan Tinggi

Claudia Jessica Official Writer
330

Akhir-akhir ini tampaknya curah hujan yang tinggi terjadi di berbagai daerah. Bahkan pagi ini saya melihat beberapa orang kenalan saya mengunggah status mereka yang menunjukkan hujan terjadi di berbagai daerah, termasuk di daerah saya tinggal. Nampaknya curah hujan tinggi ini membuat beberapa daerah di Indonesia terendam banjir. Berikut adalah daftar daerah-daerah yang terendam banjir akibat curah hujan tinggi yang terjadi di berbagai daerah.

 

1. Banjir di Lombok setinggi atap rumah warga

Hujan lebat yang mengguyur Lombok sejak subuh membuat sejumlah wilayaj di Nusa Tenggara Barat terendam banjir. Ketinggian air yang mencapai dua meter lebih membuat ratusan rumah warga tenggelam hingga terpaksa mengungsi karena kondisi banjir yang semakin parah.

Kondisi di sebagian daerah seperti Desa Sesala, Gunung dari dan Desa Lemah Sari, Kecamatan Batu Layar diperparah dengan meluapnya air sungai. Air sungai menyeret beberapa unit rumah warga hingga memutus jembatan penghubung antar desa.

 

2. Banjir di Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo rendam 3 desa

Pemkab Sidoarjo menetapkan status “tanggap darurat” atas kejadian banjir di Kecamatan Tanggulangin. Sebanyaknya tiga desa yaitu Desa Kedungbanteng, Desa Banjarasri, dan Desa Banjarpanji terendam banjir akibat penurunan tanah yang telah terjadi sejak tahun 2018.

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, turun tangan langsung ke lapangan pada Senin (6/12) malam. Dia berkeliling dan berbincang dengan warga sembari memastikan bantuan sembako terdistribusi dengan baik. Muhdlor juga menginstruksikan pemerintah desa untuk bergerak bersama-sama mempercepat penanganan banjir di tiga daerah tersebut. Ia juga melakukan beberapa tindakan tanggap darurat seperti mempercepat pengurukan material pasir dan batu di Desa Banjarpanji pompa hingga menyiagakan sejumlah pompa penyedot air yang ditempatkan di tiga desa.

 

BACA JUGA: Penyakit Mengintai Pasca Banjir! Cegah Dengan 5 Langkah Ini

 

3. Banjir rob di pandeglang mengakibatkan 1.112 warga dari empat kecamatan mengungsi

Banjir rob yang terjadi pada Senin (6/12) malam terjadi akibat gelombang tinggi yang disebabkan oleh pola angin di wilayah Indonesia utara dan selatan dengan kecepatan angin 8-30 knot. Pesisir Pandeglang yang berada di perairan Selat Sunda mengalami gelombang yang sangat tinggi dengan ketinggian mencapai 4-6 meter.

Akibatnya, 1.112 warga dari empat kecamatan Sukaresmi, Carita, Labuan dan Panimbang harus mengungsi sementara.

Emil Salim, Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pandeglang memberi pembaruan bahwa pagi ini, air sudah surut dan sebagian pengungsi sudah kembali pulang ke rumah masing-masing. Kendati demikian, Emil menghimbau agar warga tetap waspada dan melakukan evakuasi mandiri apabila terjadi banjir rob susulan.

 

4. Banjir di lima kecamatan kota Makassar

Hujan dengan intensitas tinggi sejak beberapa hari terus mengguyur kota Makassar. Hujan tersebut mengakibatkan air sungai meluap dan membuat beberapa ruas jalan dan wilayah pemukiman warga terendam banjir hingga 1 meter.

Dilansir dari kompas.com, hampir seluruh wilayah Kota Makassar terendam banjir. Ruas-ruas jalan terendam banjir hingga ketinggian 80 cm. Sedangkan pemukiman warga, ketinggian air mencapai 1 meter.

 

5. Banjir di Bali

Salah satu kota lain yang tergenang banjir karena curah hujan yang tinggi adalah Bali, kota Denpasar dan Badung. Banjir mulai merendam sejumlah rumah warga di Legian, Kuta. Selain hujan, meluapnya aliran sungai Tukad Mati juga menjadi faktor yang membuat daerah ini tergenang banjir.

Petugas dari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Legian yang berpatroli meminta warga untuk segera mengungsi.

“Kami imbau warga untuk segera menyelamatkan diri dan harta benda karena level air telah melebihi ketinggian bibir sungai,” kata petugas melalui pengeras suara.

Di saat yang bersamaan, petugas BPBD dan Basarnas juga mulai melalukan evakuasi warga yang rumahnya mulai terendam banjir. Dilansir dari okezone.com, saat ini ketinggian air telah merendam separuh badan mobil yang terparkir di rumah warga.

Itulah daerah-daerah yang banjir dampak dari curah hujan dengan intensitas yang tinggi. Mari kita berdoa agar banjir segera surut dan setiap orang yang terdampak dari bencana ini tetap sehati dimanapun mereka berada.

 

 

BACA JUGA: Nyanyikan Pujian Sambil Main Piano di Rumah yang Banjir, Anak Pendeta Ini Jadi Viral

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami