Fakta Alkitab: Perjalanan Maria Saat Mengandung Bayi Yesus
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 3 December 2021

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab: Perjalanan Maria Saat Mengandung Bayi Yesus

Claudia Jessica Official Writer
10059

Orang dari Timur menjumpai Yesus

Di Betlehem, bayi Yesus pun lahir (Lukas 2:7), dan ini sesuai dengan nubuat nabi Mikha (Mikha 5:1-2). Lalu datanglah orang-orang Majus dari Timur menjumpai bayi Yesus dan memberikan persembahan emas, kemenyan dan mur (Mat. 2:11). Kuat dugaan bahwa orang-orang Majus ini berasal dari negara timur atau sering dianggap sebagai orang dari kerajaan Media.

Catatan Injil Matius menulis bahwa mereka berjalan dengan mengikuti sebuah bintang. Saat mereka mendekati Yerusalem, Herodes mencoba menjebak mereka untuk memberitahu keberadaan Mesias yang lahir, supaya Yesus dapat dibunuhnya.

Raja-raja dari timur ini kemudian diperingatkan dalam mimpi oleh malaikat atas rencana jahat Herodes terhadap bayi Yesus. Mereka pun memutuskan untuk pulang melalui jalur yang berbeda. Hal ini menyebabkan Herodes bertindak untuk membunuh semua anak kecil di bawah umur dua tahun di Betlehem (Mat. 2:16).

Upaya ini dilakukan Herodes untuk menggagalkan nubuatan mengenai raja yang baru lahir dan menghilangkan saingan yang dianggapnya akan merebut tahtanya. Namun pada saat pembantaian tersebut, orang tua Yesus telah diperingatkan oleh malaikat untuk mengungsi ke Mesir hingga Herodes mati.

 

Yesus Orang Nazaret

Setelah Herodes mati, malaikat Tuhan kembali menjumpai Yusuf dalam mimpinya dan menyuruh agar Yusuf kembali ke Israel. Yusuf kemudian membawa Maria dan Yesus kecil menuju tanah Israel. Namun Yusuf mendengar bahwa Arkhelaus anak Herodes menjadi raja di Yudea menggantikan ayahnya. Oleh karena itu, Yusuf melanjutkan perjalannya menuju ke daerah Galilea di tempat dimana ia dan Maria berasal, yakni Nazaret.

Kepindahan Yesus muda ke Nazaret adalah sebuah episode pada kehidupan Yesus Kristus. Hal ini sesuai dengan yang dinubuatkan oleh para nabi bahwa Yesus akan disebut Orang Nazaret.

 

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami