Fakta Alkitab: Nasib Anak Raja Daud dari Perzinahannya

Fakta Alkitab: Nasib Anak Raja Daud dari Perzinahannya

Claudia Jessica Official Writer
721

Lurie Family mengklaim sebagai pohon keluarga tertua di dunia yang didirikan di Israel sejak tahun 1037 Sebelum Masehi.

Menurut Dr. Neil Rosenstein, penulis The Lurie Legacy, Keluarga Lurie dapat ditelusuri garis keturunannya sampai ke Raja Daud.

Lalu bagaimana pemaparan Alkitab yang sesungguhnya mengenai nasib anak-anak Daud?

 

Tentang Daud

Daud merupakan raja kedua dan yang paling populer dalam kerajaan Israel. Masa hidupnya diperkirakan antara tahun 1040 SM s/d 970 SM. Nama Daud berarti “yang dikasihi”. Daud dilahirkan di Betlehem, Efrata, di wilayah Yehuda. Ayahnya bernama Isai. Ia adalah putra bungsu dari 8 anak laki-laki Isai. Daud mempunyai 2 saudara perempuan. Masa remajanya dilewatinya sebagai seorang gembala kambing domba. Alkitab memaparkan bahwa Daud memiliki fisik kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok.

Daud menjadi raja Kerajaan Israel selama 40 tahun (1 Raja-raja 2:11). Ia kemudian mati diusianya yang ke-70 tahun. Nama Daud ditulis sebanyak 974 ayat dalam Alkitab. Daud pandai memainkan alat musik untuk memuji Tuhan. Ia menuliskan banyak Mazmur yang dikumpulkan ke dalam kitab Mazmur. Kitab-kitab Injil menulis bahwa Yesus merupakan keturunan Daud.

 

Anak-anak Daud

Garis Daud, juga disebut Keluarga Daud atau Keturunan Daud dikenal dalam bahasa Ibrani sebagai Malkhut Beit David, merupakan garis silsilah Raja Daud yang disebutkan dalam Alkitab.

Semasa hidupnya Daud memiliki banyak keturunan. Kitab 1 Tawarikh 3:1-9; 2 Samuel 3:2-5; 2 Samuel 5:14-16; 1 Tawarikh 14:4-7 memaparkan daftar anak-anak Daud sebagai berikut, yakni Amnon (anak sulung), Kileab atau Daniel, Absalom, Adonia, Sefaca, dan Yitream. Ke-6 putra Daud ini lahir pada saat Daud memerintah di Hebron selama 7 tahun 6 bulan lamanya.

Anak-anak Daud berikutnya ada Syamua atau Simea, Sobab, Natan, Salomo, Yibhar, Elisama, Elifelet, Nogah, Nefeg, Yafia, Elisama, Elyada, dan Elifelet. Anak-anak Daud ini lahir saat Daud menjadi raja di Yerusalem. Semua anak Daud yang disebutkan ini belum termasuk anak-anak dari gundiknya, serta Tamar putri Daud, saudara Absalom (1 Taw. 3:9).

 

BACA JUGA: 5 Tokoh Alkitab Ini Mau Mengakui Dosanya Dengan Terbuka, Gak Mudah Tapi Harus!

 

Anak-anak Daud Yang Memiliki Kisah Khusus

Dari Istrinya bernama Batsyeba, Daud mendapatkan seorang anak yang dinamainya Salomo yang kelak menggantikannya sebagai raja Israel yang ketiga. Selain itu Daud mempunyai sejumlah anak lainnya. Antara lain adalah Absalom, salah satu anak raja Daud yang berkarisma, tampan dan paling disayang oleh Daud (2 Sam. 14:25).

Suatu kali Amnon, anak sulung Daud, memperkosa Tamar, adik perempuan Absalom. Atas kejadian tersebut Absalom sangat marah. Dua tahun kemudian ia membalaskan dendamnya dengan menyuruh anak buahnya membunuh Amnon. Kematian Amnon membuat Daud marah, namun ia kemudian mengampuni Absalom (2 Samuel 13:23-29; 14:1-33).

Berjalannya waktu Absalom mengadakan pemberontakan terhadap Daud, ayahnya. Dalam pemberontakan ini Absalom mati dibunuh oleh Yoab, panglima Daud (2 Samuel 18:1-18).

Dimasa tua Daud, Adonia, putranya yang yang lain kemudian memproklamirkan dirinya sendiri menjadi raja. Ketika Daud mengetahui hal tersebut, maka ia segera memerintahkan untuk mengurapi Salomo sebagai raja. Setelah Daud wafat, Adonia akhirnya dihukum mati (1 Raja-raja 2).

 

Dosa Penyebab Nasib Suram Anak-Anak Daud

 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami