3 Kebiasaan Sepele yang Biasa Kita Lakukan Ternyata Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Lho!

3 Kebiasaan Sepele yang Biasa Kita Lakukan Ternyata Berpengaruh Besar Bagi Kesehatan Lho!

Claudia Jessica Official Writer
189

Apakah Anda pernah menyadari kalau kebiasaan yang Anda lakukan sehari-sehari ternyata memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan? Bahkan aktivitas sehari-hari seperti minum air putih, dan tidur dampak berdampak besar terhadap kesehatan Anda, lho.

Mari kita simak pada pembahasan berikut ini:

1. Minum air putih

Sebagian dari Anda mungkin pernah merasakan sakit pinggang di bagian belakang? Saya sendiri pernah mengalami hal ini dan dokter mengatakan, sakit pinggang di bagian belakang yang saya rasakan itu bisa jadi efek dari ginjal yang bekerja lebih keras akibat kekurangan cairan. Setelahnya, saya memenuhi kebutuhan air sekitar 2 liter per hari, sakit pinggang saya pun hilang! Luar biasa bukan?

Kebutuhan air bagi setiap orang tentu berbeda. Orang dengan berat 40 kg tentu memiliki kebutuhan air berbeda dengan orang yang beratnya 90 kg. Semakin berat tubuh seseorang tentu semakin tinggi metabolisme tubuhnya. Dan masih banyak manfaat dari air putih dengan cukup lainnya.

Dilansir dari klikdokter.com, cara cepat menghitung kebutuhan air adalah dengan menggunakan rumus Watson. Namun ada cara cepat untuk menghitung kebutuhan air yaitu dengan “Berat badan dikali 30 ml.” Jadi jika berat Anda 50 kg dikali 30 ml, maka jumlah air yang dibutuhkan setiap harinya adalah 1.500 ml atau 1,5 liter per hari.

2. Tidur 7-8 jam

Sepele, tapi siapa sangka kalau tidur selama 7-8 jam memberikan dampak kesehatan yang luar biasa. Misalnya saja seperti membuat Anda terlihat lebih muda. Kolagen atau zat protein yang membuat kulit menjadi kenyal dan halus akan diproduksi pada waktu tidur sehingga waktu 7-8 jam akan membuat tubuh punya cukup waktu untuk memproduksi kolagen serta hormone pertumbuhan yang dapat memperbaiki sel dan jaringan kulit.

Selain itu, orang yang tidur cukup cenderung memiliki suasana hati yang baik. Mereka juga dapat mengelola emosi dengan lebih baik. Tidur cepat juga mampu membantu Anda untuk menyerap informasi lebih baik dan cepat. Kemampuan berpikir, konsentrasi, serta ingatan Anda akan menjadi lebih optimal ketika mendapat tidur yang cukup dan berkualitas.

3. Berjemur di pagi hari

Berjemur! Rasanya saya jarang sekali mendapati orang yang sedang berjemur sebelum c-19 masuk ke Indonesia. Sering kali rasa malas atau diburu-buru pekerjaan menghalangi kita untuk melakukan kebiasaan sederhana yang dianggap sepele ini. Tapi tahukah Anda kalau berjemur punya segudang manfaat untuk kesehatan?

Salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Sinar matahari membantu menekan sistem imun yang terlalu aktif sehingga dapat digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Kandungan vitamin D yang terbentuk dari paparan sinar matahari membantu mencegah infeksi pada tubuh dan melawan penyakit.

Berjemur di pagi hari juga dapat membantu Anda mengurangi stres. Bagaimana bisa? Dilansir dari unair, sebuah studi melaporkan orang-orang yang berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat terhindar dari stress karena sinar matahari memicu otak untuk melepaskan hormone serotonin, yaitu hormone yang meningkatkan suasana hati dan memberikan perasaan tenang.

Kemudian, berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tidur. Sinar matahari yang mengenai mata akan mengirimkan sebuah pesan ke kelenjar pineal dalam otak dan produksi melatonin, suatu hormone yang memiliki gambaran bahwa ini bukanlah malam hari sehingga tubuh akan mempertahankan ritme sirkadian yang normal. Sebaliknya, ketika di luar mulai gelap maka tubuh akan mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah dan mengantuk jelang waktu tidur.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami