Kabar Gembira! Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp 2500 Lho…

Kabar Gembira! Biaya Transfer Antar Bank Jadi Rp 2500 Lho…

Lori Official Writer
197

Bank Indonesia (BI) mengumumkan pemotongan biaya transfer antar bank masimal Rp 2500 saja per transaksi melalui sistem BI-FAST. Penerapan biaya transfer baru ini pun sudah mulai akan diterapkan sejak pertengahan Desember 2021 mendatang.

Sementara sistem BI-FAST ini akan diterapkan kepada 22 bank, diantaranya BTN, DBS Indonesia, Permata Bank, Bank Mandiri, Danamon, CIMB Niaga, BCA, HSBC Indonesia, UOB Indonesia, Bank Mega, BNI, BSI, BRI, OCBC NISP, UUS BTN, UUS PemataBank, UUS CIMB Niaga, UUS Danamon, BCA Syariah, Bank Sinarmas, Citibank NA dan Bank Woori Saudara.

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran RI, Filianingsih Hendrata menyampaikan bahwa BI Fast ini bisa digunakan lewat mobile banking, ATM, EDC, internet banking atau bahkan lewat agen.

 

Baca Juga: Kenapa Pakai Jaringan VPN Bahaya Buat Transaksi Internet Banking?

 

Nominal Transaksi yang Berlaku Hingga 250 Juta

Bank Indonesia juga telah meningkatkan jumlah maksimal transaksi antar bank hingga mencapai Rp 250 juta.

Kebijakan penurunan ini sendiri diambil sebagai upaya untuk mendukung konsolidasi industri dan integrase ekonomi dan keuangan digital (EKD) nasional secara end to end.

Sementara sistem BI Fast merupakan infrastruktur sistem pembayaran ritel nasinal yang bisa memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time dengan cepat, murah dan aman.

Untuk penerapannya sendiri akan dilakukan lewat dua tahap yaitu Desember 2021 sebagai tahap layanan transper kredit individual dan Januari 2022 sebagai tahap layanan bulk credit, direct debi dan request for payment.

Untuk proses transfer sendiri, BI memastikan nasabah bank bisa melakukannya hanya lewat nomor seluler atau handphone dan alamat email yang sudah didaftarkan di bank tertentu.

Belakangan ini, nasabah bank banyak mengeluhkan biaya transfer bank yang dipatok hingga Rp 6500 per transaksi. Persoalan ini akhirnya menggaet para pembuat aplikasi keuangan digital menyediakan jasa transfer bank yang lebih ringan bahkan bebas biaya. 

 

Baca Juga: Hore! Transaksi Antar Bank Bisa Gratis, Ini Janji BI

 

Jadi dengan pemotongan biaya transfer ini, para nasabah mungkin akan sedikit lega karena mereka tidak perlu lagi mengalihkan uang dari bank ke aplikasi e-wallet seperti dana, flip, ovo atau zenius yang terbilang lebih rendah biaya untuk melakukan transfer antar bank.

Semoga ini menjadi kabar baik buat kita semua dan berharap BI bisa terus berinovasi untuk melayani para pengguna perbankan lebih baik lagi.

Sumber : Detik Finance
Halaman :
1

Ikuti Kami