Mata Lelah Karena Kelamaan Lihat HP atau Laptop? Atasi Dengan 5 Cara Sederhana Berikut Ini

Mata Lelah Karena Kelamaan Lihat HP atau Laptop? Atasi Dengan 5 Cara Sederhana Berikut Ini

Claudia Jessica Official Writer
287

Aktivitas yang semakin bergantung terhadap teknologi, membuat orang-orang semakin akrab dengan komputer, laptop, handphone, dan gadget lainnya. Setiap hari mata kita tidak pernah lepas dari layar-layar elektronik tersebut baik karena pekerjaan, maupun hobi. Akibatnya mata kita kerap terpapar radiasi.

Dilansir dari liputan6.com, salah satu jurnal di Asia Pasifik menunjukkan 70% generasi milenial dilaporkan mengalami masalah kesehatan mata dengan gejala mata lelah. Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini dapat menimbulkan resiko lebih berat misalnya, penglihatan buram atau kepala terasa sakit.

Penyebab mata sakit pun beragam, diantaranya:

1. Mata dipaksa fokus terlalu lama

Ketika bekerja di depan layar komputer atau laptop, mata akan dipaksa dalam waktu yang lama. Hal inilah yang menyebabkan otot mata terasa lelah dan tegang.

2. Kurangnya frekuensi berkedip

Ketika terlalu fokus pada satu hal tertentu, kerap kali kita jadi jarang berkedip. Jarang berkedip dapat memicu mata kering sehingga menimbulkan gejala gatal hingga iritasi. Ketika mata terasa gatal, secara naluriah kita akan menggosok atau mengucek mata. Hal ini meningkatkan risiko mata terkena infeksi sehingga menimbulkan luka pada kornea.

3. Ruangan terlalu terang

Menggunakan gadget, membutuhkan kondisi ruangan yang terang. Hal ini dapat menimbulkan efek silau yang dapat memicu iritasi pada mata hingga menimbulkan mata lelah.

4. Paparan blue light

Selain ketiga faktor di atas, paparan blue light atau cahaya biru dari layar gadget mampu mengganggu kesehatan saraf mata.

Mengingat pengguna gadget saat ini tidak bisa dihindari, maka penting bagi para pengguna untuk menjaga kesehatan mata dengan lebih baik. Untuk menjaga kesehatan mata, Anda bisa melakukan lima kiat berikut:

- Menerapkan aturan 20-20-20. Artinya setelah menatap layar selama 20 menit, Anda harus berhenti dan tataplah suatu objek jarak jauh (minimal 20 kaki) selama 20 detik atau lebih.

- Atur pencahayaan ruangan dan kontras pada tampilan layar gadget agar nyaman bagi mata.

- Tentukan jarak yang sesuai.

- Tingkatkan frekuensi berkedip

- Lakukan pemeriksaan dan terapi yang tepat untuk berbagai gangguan penglihatan yang memerlukan koreksi (gangguan fraksi).

Mata adalah aset yang berharga bagi manusia. Dengan mata, kita bisa melihat berbagai hal. Misalnya seperti keindahan suatu pemandangan, melihat objek saat berjalan agar tidak menabrak, dan begitu banyak aktivitas lainnya yang perlu kita lakukan dengan mata yang sehat agar tidak mengalami gangguan.

Untuk itu, pastikan Anda menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kesehatan mata.

 

 

BACA JUGA: Memakai Masker Membuat Kacamata Jadi Berembun? Begini Triknya Supaya Ga Berembun Lagi

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami