Bisakah Iblis Membaca Pikiran Orang Percaya?
Sumber: FIA

Kata Alkitab / 27 October 2021

Kalangan Sendiri

Bisakah Iblis Membaca Pikiran Orang Percaya?

Lori Official Writer
10153

Sebagian dari kita mungkin pernah berpikir apakah iblis yang merupakan musuh orang-orang percaya bisa membaca pikiran kita? Seorang penulis bernama R. C. Sproul menulis dalam artikelnya berjudul ‘Bisakah Iblis Membaca Pikiranku’ menuyebutkan bahwa iblis juga adalah makhluk yang juga memiliki keterbatasan. Dia juga seperti malaikat.

Meskipun kita belum begitu jelas tahu tentang apa saja kekuatan yang di miliki musuh besar kita itu, namun Sproul mengatakan bahwa beberapa hal ini bisa menjadi kelemahan yang mereka miliki.

Iblis tidak bisa membaca pikiran

Iblis bukanlah Tuhan. Jadi, hanya Tuhan saja yang bisa mengetahui isi pikiran kita bahkan sebelum kita memunculkan pikiran tersebut.

“Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kau ketahui, ya TUHAN.” (Mazmur 139: 4)

Iblis tidak bisa berada di berbagai tempat dalam satu waktu

Sebagai makhluk yang terbatas, iblis tidak mampu menandingi kuasa Tuhan. Meskipun mereka memiliki kekuatan supernatural yang tidak dimiliki manusia, namun kekuatan itu tidak lebih besar dari kekuatan Allah sang pencipta langit dan bumi.

 

Baca Juga: 20 Ayat Alkitab Tentang Cara Melawan dan Menaklukkan Kuasa Si Iblis

 

Bukan berarti hal ini membuat kita memandang sepele dengan kuasa si iblis. Kita juga perlu waspada dengan metode-metode yang digunakan untuk menjebak manusia jatuh dalam dosa.

Dalam Alkitab, iblis biasanya akan menggunakan tiga cara untuk menjerat manusia yaitu:

Jerat atas keinginan daging

- Jerat atas keinginan mata, serta

Keangkuhan hidup

Firman Tuhan dalam 1 Yohanes 2: 14-17 berkata, “Kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.”

Iblis bekerja hanya untuk mencuri, membunuh dan membinasakan kehidupan kita. Dia ingin kita kehilangan masa depan. Untungnya, Tuhan tidak membiarkan kita tak berdaya saat menghadapi jerat si iblis. Dengan kuasa yang dia berikan kepada kita, kita telah ditetapkan menjadi pemenang, bahkan lebih daripada pemenang.

 

Baca Juga: Ayat-ayat Alkitab Paling Populer di Jawaban.com yang Menguatkan, Sudah Baca Belum?

 

Jika saat ini Anda belum meyakini bahwa Anda mampu mengalahkan si iblis, maka renungkanlah Lukas 10: 19 yang berkata, “Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.”

Sumber : Crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami