Ini Lho 3 Istilah 'Waktu Tuhan' yang Ditulis dalam Alkitab!

Ini Lho 3 Istilah 'Waktu Tuhan' yang Ditulis dalam Alkitab!

Lori Official Writer
36997

Sejak awal penciptaan, Tuhan menghendaki umat-Nya memahami detail rencana-rencana yang sudah dibuat-Nya, termasuk waktu-waktu yang telah ditetapkan dalam agenda Tuhan untuk segala sesuatu. Tidak salah bila Tuhan juga adalah pribadi yang sangat detail dan tepat waktu. Sebagian besar orang mungkin belum pernah tahu bahwa Tuhan pun membagi jenis waktu-Nya ke dalam tiga istilah yang tertulis dalam Alkitab.

1. Kronos

Yang dimaksud Kronos adalah waktu yang biasa, yang selalu ada. Kronos adalah waktu yang dapat diukur dengan jam, hari, tanggal, bulan, tahun dan sebagainya; baik sebagai waktu jangka pendek seperti sekejap mata (Lukas 4: 5) maupun jangka panjang seperti puluhan tahun (Kisah 13:18).

"Kemudian ia membawa Yesus ke suatu tempat yang tinggi dan dalam sekejap mata ia memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia." (Lukas 4: 5)

"Empat puluh tahun lamanya Ia sabar terhadap tingkah laku mereka di padang gurun." (Kisah Para Rasul 13: 18)

Kronos dapat juga dimengerti sebagai deretan peristiwa dan kemungkinan yang terjadi dalam hidup manusia. Oleh sebab itulah kita sering mendengar kata kronologi.

 

Baca Juga: Tiga Alasan Untuk Menikmati Waktu Penantian Allah

 

2. Aion

Kata Aion dipakai untuk menunjukan entah waktu yang lama sekali, atau waktu yang tanpa batas. Oleh sebab itu waktu aion dipakai tentang waktu ini yang mulai dengan penciptaan dan berakhir denga kedatangan Kristus yang kedua kali; atau juga tentang waktu kekekalan, yaitu waktu tanpa batas (Matius 12:32) dunia ini dan dunia yang akan datang. Yang diterjemahkan dengan kata dunia adalah aion (Efesus 1:21)

"Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak." (Matius 12: 32)

"...jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang." (Efesus 1: 21)

3. Kairos

Kata Kairos berbicara tentang periode tertentu. Kalau waktu itu sudah lewat, tidak akan kembali lagi (Roma 5:6). Oleh sebab itu waktu kairos berbicara tentang kesempatan dan momentum yang ada di waktu waktu tertentu.

Galatia 6: 10 berkata, “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman”.  Artinya, kalau kesempatan tidak digunakan, maka waktu (kairos) akan hilang.

 

Baca Juga: Sabar Menanti Kairos Tuhan, Karena Dia Tidak Pernah Terlambat

 

Kalau kita tidak cermat kita akan kehilangan kesempatan. Sebab itu kita harus memperhatikan waktu pintu terbuka dan waktu pintu tertutup. Alkitab berkata, “Apabila Ia (Yesus) membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka (Wahyu 3:7)”.

Ada waktunya Tuhan membuka pintu masuk bagi kita dalam sebuah kesempatan. Bilamana kita tidak masuk, pintu akan tertutup. Pintu itu bisa saja sebuah kesempatan baik yang datang mungkin cuma sekali saja. Jadi perhatikan kairos yang Tuhan berikan. Jadilah peka, bijaksana, berani mengambil keputusan namun tidak terburu-buru. Atau Anda akan menyesalinya!

 

Anda diberkati dengan konten-konten kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Sumber : Sabda.org | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami