10 Pertanyaan Soal Iman yang Banyak Didiskusikan Orang Kristen

10 Pertanyaan Soal Iman yang Banyak Didiskusikan Orang Kristen

Lori Official Writer
1621

Meskipun sudah menjadi orang Kristen, ada banyak orang percaya yang masih bingung dengan maksud dari sejumlah isi Alkitab.

Dari berbagai kebingungan tersebut, kita bisa menemukan 10 pertanyaan soal iman yang sering didiskusikan, diantaranya:

1# Kenapa sulit untuk beriman di dalam Tuhan?

Saat seorang pria datang kepada Yesus untuk meminta bantuan untuk anaknya kerasukan setan, ayah anak itu mengaku percaya. Tetapi Yesus tahu bahwa pria itu kurang percaya. Jadi bisakah Yesus menolong orang-orang yang tidak percaya itu? 

Ada banyak orang yang sulit untuk percaya di masa ini karena mereka tidak melihat Dia.

“Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!” (Markus 9: 23-24)

 

Baca Juga: Nekat dan Beriman. Bagaimana Cara Membedakannya?

 

2# Kenapa kita masih fokus dengan perbuatan kita?

Kita diselamatkan olah kasih karunia dan bukan oleh perbuatan. Jadi kenapa orang percaya masih fokus dengan perbuatannya? Saat kita menerima keselamatan oleh kasih karunia, secara otomatis kita akan menghidupi karakter Kristus, salah satunya adalah menjadi pribadi yang murah hati. Jadi sekalipun kiat sudah diselamatkan oleh kasih karunia, kita juga harus menunjukkan kasih Tuhan kepada dunia.

3# Apa kesombongan yang mengganggu iman?

Ketika Elisa meminta Naaman, seorang panglima besar dalam pasukan tentara Siria yang perkasa untuk membenamkan diri tujuh kali ke Sungai Yordan supaya dia sembuh dari penyakit kusta. 

Namun Naaman marah dan tidak percaya. Apakah kesombongan Naaman menghalangi kesembuhannya? 

“Tetapi pergilah Naaman dengan gusar sambil berkata: "Aku sangka bahwa setidak-tidaknya ia datang ke luar dan berdiri memanggil nama TUHAN, Allahnya, lalu menggerak-gerakkan tangannya di atas tempat penyakit itu dan dengan demikian menyembuhkan penyakit kustaku!” (2 Raja-raja 5: 11)

Awalnya dia bersungut-sungut, tetapi setelah mendengar nasihat dari para pegawainya diapun mau membenamkan dirinya tujuh kali ke dalam sungai Yordan dan mengalami kesembuhan.

4# Apa yang dimaksud Rasul Paulus tentang ‘kebenaran Allah dari iman kepada iman’?

Apakah Rasul Paulus mengartikan uman yang berbeda dari iman yang menyelamatkan saat dia menulis Roma 1: 17? Kenapa kebenaran Allah dari uman ke iman? 

Iman yang dimaksud Paulus adalah iman yang menyelamatkan (2 Korintus 5: 21). Jadi bukan dari perbuatan kepada iman tetapi iman yang menghasilkan perbuatan. 

 

Baca Juga: Sudahkah 4 Arah Iman Orang Percaya Ini Berfungsi Dalam Hidupmu?

 

5# Apa arti dari perkataan Paulus ‘kuasa Allah yang menyelamatkan setiap orang percaya’ (Roma 1; 16)?

Kuasa Tuhan ada di dalam firman-Nya dan di dalam Roh-Nya. Jadi saat firman Tuhan didengar, firman itu muncul dengan kuasa Tuhan yang menghasilkan ciptaan baru di dalam Kristus (2 Korintus 5: 17).

Hal ini seperti dituliskan Paulus dalam 1 Korintus 1: 18, “Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.”

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami