8 Fakta Kenapa Anggur Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Dalam Alkitab

8 Fakta Kenapa Anggur Dianjurkan Untuk Dikonsumsi Dalam Alkitab

Lori Official Writer
2182

Kita semua pasti tahu bahwa buah anggur adalah bahan pokok pembuatan minuman anggur yang mengandung alkohol. 

Tapi menariknya, di Alkitab kita bisa menemukan ada banyak sekali dituliskan tentang buah yang satu ini. Jadi bisa dibilang kalau Tuhan seakan mengizinkan kita unuk mengkonsumsi anggur baik dalam bentuk buah maupun minuman beralkohol.

Mari menggali fakta dibalik pandangan Tuhan soal penggunaan anggur di dalam Alkitab dan bagaimana cara mengkonsumsinya.

Salah satu fakta menarik soal anggur adalah bahwa di dalam Alkitab tidak ada satupun ayat yang memerintahkan larangan untuk meminum anggur. Dengan pandangan bahwa anggur adalah anugerah Tuhan untuk dinikmati sesuai dengan ketetapan-Nya, sebagaimana halnya sejumlah makanan lain yang diperbolehkan asal sesuai ketetapan.

Selain itu, ada 8 fakta menarik lain soal anggur yang bisa kita temukan di dalam Alkitab.

1# Alkitab mengizinkan orang percaya meminum anggur.

Eits, jangan senang dulu! Meski Tuhan mengizinkan anggur untuk diminum, Dia tetap memberikan batasan. 

Tuhan menetapkan anggur sebagai elemen dalam Perjamuan Kudus. Anggur tentunya harus berasal dari buah yang sudah diproses sedemikian sehingga menghasilkan sari anggur yang mengandung alkohol. 

Dalam prosesi Perjamuan Kudus sendiri, umat Tuhan mengucap syukur atas cawan anggur tersebut karena hal itu dilambangkan sebagai darah Yesus yang sudah tercurah di kayu salib.

“Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!” (1 Korintus 11: 25)

2# Tuhan menciptakan buah anggur untuk difermentasi menjadi minuman anggur.

Tuhan adalah sang pencipta alam semesta dan segala isinya. Dia menciptakan anggur dengan kemampuan alami untuk berfermentasi menghasilkan minuman anggur berkualitas.

Pasteurisasi anggur sama sekali asing di tahun 1864. Hingga akhirnya Gereja Episkopal Metodis mengadopsi penggunaan anggur non-alkohol untuk perjamuan sebagai tanggapan atas penyalahgunaan anggur beralkohol. 

 

Baca Juga: Yesus Aja Makan Sehat Loh! Ini 7 Makanan yang Sering Dia Makan…

 

Lalu Thomas Welch menemukan metode pasteurisasi jus anggur. Hingga akhirnya fermentasi anggur berhenti. Minuman yang dia hasilkan sama sekali tidak beralkohol. 

Sejak itulah gereja menemukan anggur tak beralkohol untuk pertama kalinya.

3# Tuhan memberikan anggur kepada manusia untuk diminum.

MAzmur 104: 14-15 menggambarkan tentang bagaimana Tuhan menciptakan beragam tumbuh-tumbuhan sebagai bahan makanan manusia dan binatang. 

Dia menumbuhkan rumput untuk ternak dan tanam-tanaman untuk menghasilkan makanan dari bumi. Anggur menjadi salah satu buah yang digemari manusia, minyak sebagai bahan memasak dan ramuan untuk kecantikan dan roti sebagai bahan pokok makanan. 

Sebagaimana halnya tanaman lainnya, Tuhan menciptakan anggur untuk dioleh menjadi minuman.

4# Anggur untuk menyenangkan hati manusia.

Mazmur 104: 14-15 menyampaikan bahwa Tuhan menciptakan anggur untuk menyenangkan hari manusia. 

Bagaimana manusia bisa senang dengan anggur? Anggur yang dioleh secara fermentasi akan menghasilkan minuman yang mengandung alkohol. Tetapi, Tuhan sendiri dengan tegas berkata ‘boleh meminumnya asalkan jangan sampai mabuk’.

 

Baca Juga: Boleh Gak Sih Orang Kristen Minum Alkohol? Ini Dia Jawabannya…

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Reformedhealth.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami