#FaktaAlkitab: Orang Kafir yang Percaya Tuhan Yesus yang Tercatat Dalam Alkitab
Sumber: jawaban channel

Fakta Alkitab / 10 September 2023

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab: Orang Kafir yang Percaya Tuhan Yesus yang Tercatat Dalam Alkitab

Claudia Jessica Official Writer
11759

Perwira Romawi di Kapernaum

Kisah iman seorang Perwira yang bertugas di Kapernaum dicatat dalam Matius 8:5-13 dan Lukas 7:1-10. Alkitab tidak mencatat nama Perwira di Kapernaum, namun dipastikan bahwa Perwira di Kapernaum ini bukan dari kalangan Yahudi melainkan berasal dari bangsa Romawi yang berada di bawah pasukan Herodes Antipas yang memiliki pasukan asing. 

Perwira Romawi adalah prajurit pasukan Romawi yang mengepalai seratus orang prajurit Romawi. Kapernaum adalah kota yang terletak di pantai barat Danau Galilea. Beberapa murid-murid Tuhan Yesus seperti Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes dan Lewi pemungut cukai berasal dari Kapernaum. Kapernaum juga disebut sebagai kota Yesus karena banyaknya mukjizat yang Tuhan Yesus lakukan di sana.

Menurut catatan Alkitab, seorang Perwira Romawi meminta tolong kepada Yesus untuk menyembuhkan hambanya yang sedang sakit. Yesus lalu menawarkan diri untuk pergi ke rumah perwira itu untuk melakukan pelayanan kesembuhan di sana. Namun perwira itu keberatan dan menyarankan bahwa Yesus cukup memberi perintah penyembuhan dari mana Dia berada pada saat itu dan itu sudah cukup.

Terkesan akan permintaan ini, maka Yesus setuju dengan keyakinan kuat yang ditunjukkan oleh sang perwira dan mengabulkan permintaannya dari tempat Ia berada. Pada saat itu juga hamba perwira itu sembuh tanpa bertemu Yesus.

Dalam ayat selanjutnya Yesus berkata, “...Banyak orang akan datang dari Timur dan Barat dan duduk makan bersama-sama dengan Abraham, Ishak dan Yakub di dalam Kerajaan Sorga, sedangkan anak-anak Kerajaan itu akan dicampakkan ke dalam kegelapan yang paling gelap…” (Matius 8:11-12).  Menurut Kyle Yates dan Philip Johnson dalam buku Tafsiran Alkitab Wycliffe, ayat ini menunjukan bahwa, “meskipun Israel banyak diberi penyataan oleh Allah, justru seorang bukan Israellah yang imannya pada kuasa Kristus bersinar paling cemerlang.”

Itulah orang-orang dari luar Israel atau orang yang bukan Yahudi, yang dicatat Alkitab menerima Injil Yesus Kristus. Keselamatan di dalam Kristus bukan hanya milik bangsa Israel, keturunan Abraham Ishak dan Yakub, namun juga bagi semua orang, semua suku, bahasa, dan bangsa-bangsa.

Hal ini menjadi tujuan dari visi Amanat Agung Yesus kepada murid-muridNya. “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” - Matius 28:19-20.

Jika anda saat ini merasa jauh dari Tuhan dan rasanya ingin kembali, jangan ragu untuk menghubungi tim doa kami. Karena tim kami selalu siap 24 jam untuk melayani anda dalam doa. Hubungi TIM DOA kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/InginDidoakan

Saksikan video #FaktaAlkitab: Orang Kafir yang Percaya Tuhan Yesus yang Tercatat Dalam Alkitab

Sumber : jawaban channel
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami