Ini Investasi Besar Tuhan Atas Hidup Anda

Ini Investasi Besar Tuhan Atas Hidup Anda

Lori Official Writer
      877

Lukas 12: 43

Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 78; Ibrani 12; Yeremia 5-6

Kita semua punya kemampuan yang terpendam. Sekarang Anda juga mungkin masih mencari tahu apa potensi yang diberikan Tuhan atas Anda. Atau mungkin Anda sudah mengabaikan pontensi itu karena keadaan hidup Anda.

Tahukah Anda bahwa potensi yang Anda miliki hadir bukan tanpa alasan. Tuhan bisa saja mau menggunakannya sebagai alat bagi Anda untuk melayani Dia dan juga orang lain. 

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan pontensi tersebut untuk tujuan kebaikan dan memuliakan Tuhan:

1. Kenali dan Ukur Kapasitas Potensi Anda

Lakukan pernilaian terhadap potensi Anda. Apa yang Anda kuasai? Buatlah daftar.

Kalau bisa dikatakan, khususnya bagi para anak muda adalah: Kenali kekuatan dan kelemahan Anda. Pertimbangkan kemampuan yang sudah Tuhan berikan kepada Anda. Jika Anda kesulitan mengidentifikasi kemampuan Anda, mintalah bantuan dari seseorang yang dekat dengan Anda!

2. Pakai Potensi Itu Untuk Melayani Tuhan

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” (Roma 12: 1)

Sampaikan kepada Tuhan, “Tuhan Engkau yang memberikan kemampuan ini. Sekarang, aku akan mengembalikannya kepadaMu. Aku ingin menggunakannya untuk tujuan yang Engkau berikan kepadaku.”

3. Kembangkan Potensi Tersebut

Tidak ada kata berhenti untuk terus belajar. Jadi terusnya megembangkan potensi Anda dengan berlatih, mengasah dan mengembangkannya. Kemampuan apapun yang Tuhan berikan kepada Anda bisa kembangkan dengan terus mengasahnya. 

“Jika besi menjadi tumpul dan tidak diasah, maka orang harus memperbesar tenaga, tetapi yang terpenting untuk berhasil adalah hikmat.” (Pengkhotbah 10: 10)

Bagaimana Anda memperoleh skill tersebut? Berlatihlah. Anda mengasah kapak AAnda dan bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras. Mengasah kemampuan Anda, bakat Anda, keterampilan Anda adalah tanggung jawab spiritual.

Tuhan sudah berinvestasi untuk Anda dalam jumlah yang besar. Dia juga berharap hasil investasi tersebut juga akan jauh lebih besar. Karena dari itu Anda perlu mempersiapkan pertanggungjawaban Anda kelak. “Apa yang sudah Anda lakukan dengan potensi tersebut? Bagaimana Anda menggunakan potensi tersebut untuk menghormati Tuhan, melayani orang lain, memenuhi kebutuhan Anda dan menjadi berkat?

“Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.” (Lukas 12: 43)

Tuhan ingin memberkati hidup Anda! Saat Tuhan melihat Anda, Dia mau melihat Anda memakai kemampuan Anda dengan cara yang Dia harapkan sehingga Anda mengalami berkat-Nya.

 

Hak cipta Pastor Rick Warren, disadur dari Pastorrick.com

 


Kamu diberkati dengan renungan harian kami? Mari dukung kami untuk terus memberkati lebih banyak orang melalui konten-konten terbaik di website ini.

Yuk bergabung jadi mitra Jawaban.com hari ini.

 

DAFTAR

Ikuti Kami