#SUPERBOOKCLUB: Ikut Kata Tuhan Atau Kata Teman?

#SUPERBOOKCLUB: Ikut Kata Tuhan Atau Kata Teman?

Lori Official Writer
307

Kegemaran anak bermain bisa membuatnya lupa dengan tugas dan tanggung jawabnya. 

Hal inilah yang sering memancing kemarahan orang tua terhadap anak. Tetapi daripada marah, lebih baik memberi anak pandangan yang benar tentang nilai-nilai kebenaran yang sesuai firman Tuhan.

1 Korintus 15: 33 berkata, “Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.” Ayat ini bisa orangtua pakai untuk mengingatkan anak waspada terhadap pergaulannya, seperti dengan siapa dia berteman dan bagaimana anak lebih mengikuti apa kata teman dibandingkan dengan apa kata firman Tuhan.

Ada beberapa kebiasaan yang orang tua perlu ingatkan kepada anak, diantaranya:

1. Kalau teman buang sampah sembarangan, jangan ditiru. Tetap jadi teladan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya.

2. Ajarkan anak untuk mengerjakan tanggung jawabnya lebih dulu, baik di rumah maupun di sekolah. Saat teman memilih bermain dibanding mengerjakan tugas, pilih untuk tetap fokus mengerjakan tugas yang diberikan guru.

3. Tetaplah teguh pada pendirian. Pengaruh teman mungkin membuat pendirian anak sedikit goyah. Tetapi ingatkan dia untuk tetap memilih melakukan apa yang benar seperti disampaikan oleh Alkitab.

Misalnya, saat anak diajak bolos oleh teman. Walaupun anak tahu bahwa itu salah, tetapi dia ikut-ikutan karena tidak ingin dijauhi oleh teman-temannya. Daripada melakukan hal tersebut, dorong anak untuk menolak tawaran tersebut sekalipun risikonya harus dijauhi.

 

Baca Juga: 

#SuperbookClub: Marah Sampai Nyakitin Hati. Kok Bisa?

SuperTips: 6 Kesalahan Fatal Orangtua ke Generasi Milenial

 

4. Tetap bersikap baik terhadap orang lain. Ada banyak anak yang memilih berperilaku buruk kepada teman lain yang dianggap lemah. Karena itu, penting untuk mengajarkan anak bahwa Tuhan mengasihi orang yang mengasihi sesamanya. Jadi kalau anak diajak membully atau berlaku jahat kepada teman yang lain, dorong anak untuk tidak ikut-ikutan atau bahkan mau berani maju untuk melindungi korban.

Sejak masih kecil, orangtua perlu mengingatkan anak tentang pentingnya memilih teman yang membawa pengaruh baik. Karena dengan itu anak bisa bertumbuh menjadi pribadi yang mengasihi Tuhan dan menjadi teladan bagi sesama.

Apakah Anda masih mengalami kesulitan untuk mengajarkan anak tentang prinsip kebenaran ini?

Yuk ajak anak untuk menonton tayangan SUPERBOOK CLUB ini aja.

Sumber : Superbook Indonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami