Tidak Sempurna, 3 Tokoh Pahlawan Alkitab Ini Pernah Bikin Kesalahan Besar

Tidak Sempurna, 3 Tokoh Pahlawan Alkitab Ini Pernah Bikin Kesalahan Besar

Claudia Jessica Official Writer
692

Namun kita tidak akan membicarakan pahlawan yang ada di film-film seperti Marvel, Star Wars, ataupun Disney Channel. Pada artikel kali ini, kita akan membahas tiga sosok pahlawan di Alkitab yang membuat kesalahan besar.

Pahlawan Alkitab yang paling terkenal adalah orang berdosa, sama seperti kita. Dan meskipun mereka memiliki masa lalu, Kristus menebus dan menggunakan masa lalu, masa kini, dan masa depan mereka. Mereka adalah Nuh, Musa, dan Saul.

Ibrani 11 mengingatkan kita pada para pahlawan iman yang dipuji oleh Alkitab atas keunggulan dan komitmen mereka. Selain itu, Ibrani 11 juga memberitahu kita apa yang orang-orang ini lakukan dengan benar sekaligus yang salah.

Mengapa Alkitab membiarkan kita mengetahui kesalahan yang mereka perbuat? Jawabannya adalah untuk mengingatkan kita bahwa untuk menjadi pahlawan, tidak perlu sosok yang sempurna.

Di samping itu, kita tetap harus berjuang untuk menjadi seperti Kristus. Tuhan mencatat kemenangan dan kegagalan pahlawan karena Dia melihat kita akan menjadi seperti apa, belum tentu seperti sekarang ini (Matius 5:48).

1. Nuh

Sebagai hamba Tuhan yang taat dalam Perjanjian Lama, Nuh mendapatkan kasih sayang Tuhan terlepas dari dunia yang penuh dosa di sekelilingnya. Ketika dunia menjadi semakin jahat, Nuh ditugaskan untuk membangun bahtera besar yang akan menyelamatkan keluarganya dan dua hewan dari segala jenis.

Sementara banyak yang mengejek pekerjaan ini, Nuh dan keturunannya menjadi yang pertama memimpin dan mengisi kembali bumi setelah Tuhan membanjiri dunia dengan aih bah pertama yang Dia ciptakan (Kejadian 6).

Ibrani 11:7 bahkan memberitahu kita bahwa dia memiliki iman berdasarkan keyakinan bahwa Tuhan akan memakai dia sekalipun ketika dia tidak bisa melihat hasilnya.

Namun seperti manusia lainnya, Nuh juga jatuh ke dalam dosa. Ketika dia menjadi manusia pertama yang menanam kebun anggur setelah air bah, Nuh justru menjadi pemabuk pertama yang tercatat dalam Alkitab (Kejadian 9: 20-21).

BACA JUGA: 4 Tokoh Alkitab yang Paling Taat Sama Tuhan, Belajar dari Mereka Yuk!

Kemabukan Nuh mendatangkan kutukan bagi Ham, dan peristiwa tersebut mendatangkan kekacauan bagi generasinya selama berabad-abad.

Sementara kesalahan ini memiliki konsekuensinya, kasih karunia Tuhan ditunjukkan melalui warisan Nuh: orang yang memiliki iman yang luar biasa.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : iBelieve
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami