Khawatir Anak Terpapar C-19 Karena Sekolah Tatap Muka? Kamu Harus Tahu Tips Ini!

Khawatir Anak Terpapar C-19 Karena Sekolah Tatap Muka? Kamu Harus Tahu Tips Ini!

Claudia Jessica Official Writer
387

Sejumlah sekolah mulai melaksanakan kegiatan belajar mengajar tatap muka secara langsung, khususnya di DKI Jakarta sejak hari Senin (30/08) kemarin. Lebih dari 600 sekolah mulai melakukan pembelajaran tatap muka terbatas, mulai dari jenjang TK/PAUD-SMA.

Anak-anak mungkin merasa senang karena akhirnya bisa sekolah tatap muka lagi, namun sebagian orang tua pasti ada yang merasa takut dan khawatir kalau anaknya terpapar covid-19.

Untuk mengurangi kekhawatiran itu, pastinya kita harus disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Selain wajib menggunakan masker untuk mencegah penularan covid-19, ada beberapa tips lain yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kekhawatiran Anda.

1. Sudah vaksin

Kita tahu bahwa vaksin covid-19 sudah bisa diberikan kepada anak-anak usia 12 tahun. Kita juga tahu bahwa vaksin efektif dalam mencegah penularan covid-19. Untuk mengurangi kekhawatiran Anda, pastikan anak Anda telah divaksin sesuai dengan ketetapan dan dosis yang disarankan.

Jika anak Anda belum mendapatkan vaksin, segera daftarkan ke penyedia vaksin. Jika belum kunjung mendapatkan vaksin, orang tua bisa bertanya pada pihak sekolah apakah anak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar secara offline sampai mendapatkan vaksin.

2. Ingatkan anak untuk patuh prokes

Anak-anak mungkin sudah paham dan ingat dengan semua prokes yang wajib diterapkan, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk mengingatkannya kembali.

Anda juga bisa membekali anak Anda dengan handsanitizer, dan masker candangan.

3. Pastikan sekolah menerapkan prokes

Selain anak-anak yang perlu dibekasi dengan prokes, Anda juga perlu memastikan pihak sekolah menerapkan prokes yang sesuai dengan peraturan yang ada. Pemerintah telah mengeluarkan panduan prokes di sekolah untuk wilayah PPKM level 2 dan 3.

Beberapa prokes yang wajib untuk dilakukan adalah guru dan warga sekolah lain telah divaksin, penerapan jaga jarak di kelas dan fasilitas lain, mencuci tangan tiap saat.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami