Sarapan Sehat Buat Penderita Maag, Coba Konsumsi Ini Yuk

Sarapan Sehat Buat Penderita Maag, Coba Konsumsi Ini Yuk

Lori Official Writer
392

Bagi penderita maag, pola makan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Makan tepat waktu dan pilihan makanan yang dikonsumsi juga menjadi sangat penting untuk diperhatikan supaya mencegah maag tidak kambuh.

Karena itu sangat disarankan supaya penderita maag tidak melewatkan waktu makan, khususnya sarapan. Sarapan menjadi penting karena saat bangun di pagi hari, kondisi perut benar-benar kosong. Jika perut tidak diisi dengan sedikit makanan hingga menjelang siang hari, maka maag bisa kambuh. 

Jadi penting sekali untuk tidak melewatkan sarapan setelah bangun dan sebelum memulai aktivitas harian. 

Untuk menu sarapan juga tidak boleh sembarangan. Bagi penderita sakit maag, ada sejumlah makanan yang dianjurkan untuk dihindari terutama makanan yang tinggi gas. Adapun beberapa pilihan sarapan sehat yang disarankan adalah:

Sarapan Dengan Gandum

Bagi penderita maag jenis Gerd (gastroesophageal reflux disease) sangat disarankan untuk mengkonsumsi oeatmeal atau bubuk gandum di pagi hari.

Gandum ini berfungsi untuk melemahkan bagian cincin otot kerongkongan atau sfingter esophagus supaya menutup dengan sempurna. Sehingga cairan asam lambung tidak naik ke kerongkongan.

 

Selain itu tekstur gandum yang lunak dan halus membuat kerja lambung yang bermasalah menjadi lebih ringan. Sehingga nyeri akibat luka tukak dalam lambung tidak terganggu.

 

Baca Juga: Anggap Sepele, Nggak Sarapan Bikin Tubuh Kamu Terserang 6 Penyakit ini. Hati-Hati!

 

Konsumsi Buah yang Baik Bagi Lambung

Dari sejumlah buah yang ada, penderita sakit maag disarankan untuk sarapan dengan buah-buahan yang baik bagi pencernaan diantaranya pisang, papaya dan juga nanas.

Namun hindari mengkonsumsi pepaya dan nanas jika maag sedang kambuh. Sedangkan untuk pisang sangat disarankan untuk menghindari jenis pisang ambon dan kepok.

 

Minum Rebusan Jahe Dengan Teh Tawar

Menurut dr. Reisa, rebusan jahe yang dicampur dengan teh tawar hangat sangat bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Selain itu kandungan gingerol pada jahe sangat baik untuk kesehatan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh dan peredaran darah.

Cobalah meminum air rebusan jahe atau potongan jahe yang dicampur dengan segelas teh tawar hangat. Biar lebih sehat, hindari penggunaan gula atau bagi Anda yang tidak suka tawar masukkan sedikit madu ke dalam minuman jahe tersebut. Dijamin bakal menyegarkan lambung Anda.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami